PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLLER BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI KELAS X TEI SMK NEGERI 1 BANGIL KABUPATEN PASURUAN

  • ALDI WAHYU FIRMANSYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Trainer Mikrokontroller Berbasis Arduino Uno yang valid sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor di Kelas X TEI SMK Negeri 1 Bangil, (2)Mengetahui respon siswa terhadap trainer mikrokontroller berbasis arduino uno yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisis potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk, (5) revisi produk, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap analisis dan pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa hasil rating validasi trainer sebesar 95% dengan kategori sangat valid dan rating validasi jobsheet sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 85% yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan rating tersebut, trainer dan jobsheet mikrokontroller berbasis arduino uno yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosesor di Kelas X TEI SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan.

Kata kunci: Trainer Mikrokontroller, Media Pembelajaran, Arduino Uno, R&D.

 

Abstract

This research aims to: (1) produce avalid learning media trainer based microcontroller arduino uno for use in teaching and learning, (2) determine the validity of developed microcontroller based trainer arduino uno, (3) determine students response to the microcontroller based trainer arduino uno. The research method is the Research and Development (R&D). In this research, there are 7 (seven) stages: (1) the stage of analysis of potential and problems, (2) the data collection, (3) the product design, (4) the validation of products, (5) product revision, (6) the test phase of products, (7) analysis and reporting. Based on the research results, we concluded that the results of the validation trainer rating of 95% to the category of very valid and validation jobsheet rating of 93% with a very valid category. Student responses on the overall aspects of the media trainer and jobsheet microcontroller arduino uno rated getting a response positive with average results of student response rating of 85% is considered very good. Based on the rating, trainer and jobsheet developed microcontroller based arduino uno viable and well used as a medium of learning in subjects in Class X TEI SMK 1 Bangil Pasuruan.

Keywords: Microcontroller Trainer, Media Education, Arduino Uno, R&D.

Published
2017-02-23
How to Cite
WAHYU FIRMANSYAH, A. (2017). PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLLER BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI KELAS X TEI SMK NEGERI 1 BANGIL KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n2.p%p
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 265