PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) PADA MATERI FISIKA GELOMBANG

  • FEBRIANTO dwi DWI S jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan model pembelajaran berbantuan komputer atau Computer Based Instruction (CBI) pada materi Fisika Gelombang di Jurusan Teknik Elektro. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk media pembelajaran dalam bentuk CD tutorial untuk materi Fisika Gelombang di Jurusan Teknik Elektro dengan isi materi: persamaan gelombang, kecepatan gelombang, refleksi dan trasmisi gelombang, tenaga gelombang, taraf intensitas, dan efek doppler.

Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) oleh Sogiyono yang memiliki sepuluh langkah pengembangan dan dimodifikasi oleh peneliti hanya menggunakan delapan tahap yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, tahap revisi produk, dan diakhiri dengan analisa dan pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi Fisika Gelombang dinyatakan valid dengan hasil rating 72,8%, demikian pula dengan soal yang digunakan pada media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 76%. Hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran tidak lebih baik daripada hasil belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media pembelajaran pada materi Fisika Gelombang. Dan respon mahasiswa terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 77,5% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Pembelajaran dengan bantuan komputer atau Computer Based Instruction (CBI), Materi Fisika Gelombang, Metode Penelitian Research and Development (R&D).

Abstract

This research which aims to develop a model of instructional media or computer-assisted learning Computer Based Instruction (CBI) on the material Wave Physics at Department of Electrical Engineering. In addition, the study was to determine differences in students' learning using instructional media and learning media. The results of the research and development of this form of learning media products in the form of CD tutorials for Physics of matter waves in the Department of Electrical Engineering with the content: the wave equation, wave velocity, reflection and trasmisi wave, wave energy, intensity level, and doppler effects.

The method used in this study using the Research and Development (R & D) by Sogiyono who has ten steps of development and modified by the researcher only uses eight stages, the stage of problem analysis, data collection phase, the stage of product design, validation stage design, stage design revisions, product testing phase, the stage of product revisions, and ending with analysis and reporting.

The results showed that the learning media on wave physics of matter declared invalid by rating 72.8% yield, as well as questions used in the study expressed very valid media with 76% rating result. The results of student learning using learning media is no better than the learning outcomes of students who did not use the instructional media materials Wave Physics. And the response of students to instructional media otherwise excellent rating with the result that 77.5% developed viable learning medium used in the teaching and learning process.

Keywords: Learning media, Computer-assisted Learning or Computer Based Instruction (CBI), Matter Waves Physics, Research Methods Research and Development (R & D).

Author Biography

FEBRIANTO dwi DWI S, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
DWI S, F. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) PADA MATERI FISIKA GELOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 79