PENGEMBANGAN TRAINER DAN MODUL POWER SUPPLY PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO

  • ADI RAHMAN ARIF

Abstract

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah berdasarkan lembar need assessment hasil survei yang dilakukan peneliti, SMK Raden Patah Kota Mojokerto membutuhkan media pembelajaran Trainer dan Modul untuk menunjang teori yang telah siswa dapatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan trainer dan modul power supply pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik di SMK Raden Patah Kota Mojokerto yang layak digunakan ditinjau dari validitasnya, (2) Mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran menggunakan trainer dan modul power supply pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik di SMK Raden Patah Kota Mojokerto. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisis potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk, (5) revisi produk, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap analisis dan pelaporan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa validitas dari trainer diperoleh dengan hasil rating sebesar 87,36% atau dalam kategori sangat baik, validitas dari modul diperoleh dengan hasil rating sebesar 82% atau dalam kategori baik, begitu juga dengan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media trainer dan modul memperoleh hasil rating sebesar 81,69% termasuk dalam kategori terlaksana dengan baik. Dari hasil rating tersebut menunjukkan bahwa trainer dan modul power supply yang dihasilkan valid digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Trainer dan modul power supply, R&D, keterlaksanaan pembelajaran.

 

Abstract

The background of this research is based on need assessment sheet a survey results conducted by researcher, SMK Raden Patah Mojokerto requires learning media trainer and module to support the theory which students earn. This research aims to: (1) Produce a valid learning media trainer and power supply module for use in teaching and learning basic and electrical measurement in SMK Raden Patah Mojokerto City that worth used review from the validity, (2) Discover process of learning media trainer dan power supply module for use in teaching and learning basic and electrical measurement in SMK Raden Patah Mojokerto. The research method is the Research and Development (R&D). In this research, there are 7 (seven) stages: (1) the stage of analysis of potential and problems, (2) the data collection, (3) the product design, (4) the validation of products, (5) product revision, (6) the test phase of products, (7) analysis and reporting. Based on the research results, we concluded that the results of the validation trainer rating of 87,36% to the category of very good and validation from module rating of 82% with a good category, is that so with the result of quality observation learning use media trainer and module rating of 81.69% include that good category. From the result of the rating signify that media trainer and power supply module is a valid used as learning media.

Keywords: Trainer and power supply modules, R&D, quality.   

Published
2017-04-05
How to Cite
RAHMAN ARIF, A. (2017). PENGEMBANGAN TRAINER DAN MODUL POWER SUPPLY PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n2.p%p
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 32