PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE MULTISIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 1 GRATI-PASURUAN

  • NUGROHO YUDOKAMISWORO BUDIONO

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Multisim sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada standart kopetensi teknik elektronika.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 29 siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Grati-Pasuruan. Tahapanan yang dilakukan sebelum pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan penyusunan instrumen penelitian serta validasi instrumen penelitian, validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli (expert judgment) kemudian di uji coba melalui pre-test dan post-test pada siswa SMKN 1 Grati-Pasuruan. serta teknik analis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar adalah uji t melalui program SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa terdapat pengaruh penggunaan software multisim sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan pembuktian hasil analisis menggunakan SPSS 17 diketahui hasil uji Koefisien Regresi (uji t) menunjukkan t-hitung sebesar 6.968 dimana nilai tersebut lebih kecil daripada t-tabel 1.706.

Kata Kunci: media pembelajaran, multisim, hasil belajar siswa.

 

Abstract

The purpose of this research to understanding about The effect of using software multisim as the media learning curve toward students ability result standard competence on  electronic technique.

The design of the research was experiment research. This research find the effect of treating on the learning process. The subject was used for the research were 29 students in Audio video technique X class at SMK Negeri 1 Grati. The first step are observation and interview. Next step is the preparation of research instruments and validation of research instruments, validation instrument of this research is through the opinion of experts (expert judgment) and then tested through a pre-test and post-test on the students SMK 1 Grati-Pasuruan. As well as data analysts techniques used to analyze the data result of learning is the t test by SPSS 17.

The results showed that: that there is influence the use of software multisim as a medium of learning to the learning outcomes of students with proof of the results of analysis using SPSS 17 known test result Regression Coefficients (t-test) shows the t-count of 6968 where the value is smaller than t-table 1706.

Keysword  : the media learning , multisim, learning students result.

Published
2017-04-26
How to Cite
YUDOKAMISWORO BUDIONO, N. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE MULTISIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 1 GRATI-PASURUAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n2.p%p
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 83