PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • ARDIYAN HANDAYANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learninf yang layak. Kelayakan tersebut mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri atas 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol dan X TAV 2 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran mobile learning pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 83%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 87%, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Dari tes hasil belajar siswa didapatkan th = 10,281> ttabel = 2,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar akhir siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan ditinjau dari th yang bernilai lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh hasil rating sebesar 93%, sehingga dapat dinyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran mobile learning layak digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran dan dapat memperoleh hasil belajar siswa yang lebih baik pada mata pelajaran teknik listrik.

Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, kevalidan, kepraktisan, keefektifan 

 

Abstract

The aims of this research to produce a worthy learning media mobile learning. The worthiness refers to the aspect of validity, practically, and effectiveness. This research is a type of development research which consists of seven steps: (1) the potentials and problems; (2) data collection; (3) the design of product; (4) product validation; (5) the revision of product; (6) product trial; (7) analysis and reporting. The research subject was student of class X TAV 1 as the control class and X TAV 2 as the experimental class. Design of this research was pretest-posttest control group design. The results of this research showed that the worthiness level of mobile learning learning media on the aspect validity is stated very worthy with the rating 83%, aspect of practically in terms of the response of the students stated very practical with the rating 87%, effectiveness aspects in terms of student learning outcomes and implementation of learning. Based on tests of student learning outcomes obtained th = 10,281> ttable = 2,001 so it can be concluded that there is a very significant difference in student learning outcomes between the experimental class and control class and in terms of th is a greater than ttable value indicates that the experimental class get better learning outcome than the control class. Implementation of learning get the rating of 93%, so it can be stated that implementation of learning very successfully. Based on the research it is known that mobile learning media worthy to use in the learning process and can obtain student learning outcomes are better on the electrical technique subject.

Keywords: learning media, mobile learning, validity, practically, effectiveness   

Published
2017-05-09
How to Cite
HANDAYANI, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n2.p%p
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 293