PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • ISMAIL HASAN

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, karena dengan tampilan media pembelajaran sebagai perantara diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami isi materi. Media lectora inspire menjadi pertimbangan penting dalam rangka membantu proses pembelajaran, karena pada dasarnya proses belajar adalah proses komunikasi. Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media dengan materi menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen Teknik Elektronika dan 2 guru SMK Negeri 2 Surabaya  sebagai  validator media  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  38 siswa kelas x program keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Surabaya. Media pembelajaran interaktif memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian > 62,5% dan  memperoleh  respon positif siswa > 62,5%.

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 80%, materi media sebesar 80%, aspek bahasa sebesar 86,7%, dan pada animasi media sebesar 83,5%. Sehingga secara umum media yang dikembangkan  dikategorikan  sangat  baik  dengan  hasil  rating  rata-rata 82,6%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 89,7%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, R&D.

 

Abstract

Media is one of the ways that used by teacher to increase student learning achievement, because with appearance of learning media as intermediate that expected can help student to understand the subject. Lectora Inspire  media being important judgement in order to help the process of learning, because basically learning process is communication process. This development of learning media using interactive multimedia lectora inspire research has the aim to produce an interactive learning media in terms of the criteria of content, performance, and language; also to find out students response to the media with electronics technic topic in SMK Negeri 2 Surabaya.

This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D) model. Learning interactive media which was  developed validated by 2 lecturers of Electronics Engineering and 2 teachers of SMK Negeri 2 Surabaya as media validators then limited tried out in 20 students of Industrial Electronics Techniques class x SMK Negeri 2 Surabaya. Learning interactive media has been up to standard of valid if the average of percentage score in each criterion get > 62,5% and the positive response of the students get > 62,5%.

The result of this research is development of learning media using interactive multimedia lectora inspire that has been validated with rating result as the following, 80% for media formats, 80% for substance components, 86,7% for media grammar, and 83,5% for media animations. Overall it have 82,6% rating result, it means this learning interactive media is very feasible. The students response for all aspects of the learning interactive media was very good with the value 89,7%. Those results show that the learning interactive media are proper to be used as learning media.

Keywords : Learning Media, Interactive Multimedia, Lectora Inspire, R&D  

Published
2017-06-06
How to Cite
HASAN, I. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 195