PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN INSTALASI MACAM-MACAM TIPE MIKROFON PADA SISTEM AKUSTIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • MAMANG JUNAIDI

Abstract

Abstrak 

Prestasi hasil belajar peserta didik masih banyak yang kurang maksimal dan belum memenuhi KKM 75, karna disekolah masih menggunakan model pembelajaran langsung, dengan menggunakan  model pembelajaran STAD diharapkan hasil belajar peserta didik lebih maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik  pada kompetensi dasar menerapakan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik (2). mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapakan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik di SMK Negeri 2 Surabaya.

Model yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequevalent Control Group Design dimana dalam penelitian ini terdapat dua kelas peserta didik. Kedua kelas tersebut yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung, sampel dalam penelitian ini  adalah peserta didik kelas XI-AV-4 berjumlah 33 peserta didik, dan kelas XI-AV-3 berjumlah 33 peserta didik SMK Negeri 2 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar peserta didik yaitu pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belaajar peserta didik menggunakan ranah kognitif.

Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 45,01 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,68 dengan thitung  sebesar 0.513 dengan nilai signifikansi sebesar 0.05, sedangkan ttabel sebesar 2.00 dengan nilai signifikansi sebesar 0.05 dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung < ttabel, dari perhitungan pada nilai post-test menunjukkan bahwa hasil uji-t satu pihak kanan tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 2.162 > ttabel 2.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapkan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik. Dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapkan instalasi macam-macam tipe mikrofon pada sistem akustik lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran sebelumnya.

Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, pengaruh hasil belajar.

 

Abstract

Achievement of student learning outcomes still insufficient and not yet fulfilled the minimum standart 75, because at school still using direct learning model, with STAD learning model as expected the learning outcomes is more maximum. The purpose of this research is. (1) find out the influence of STAD (Student Teams Achivement Division) cooperative learning model application to the learning outcome of student in basic competence to apply various type of microphone installation on accoustic system (2) find out how the learning outcome of student student in basic competence to apply various type of microphone installation on accoustic system in SMK Negeri 2 surabaya.

The model in this research is using quasi experiment  with design nonequivalen control group design  that exist 2 class. That 2 class is the class of experiment with of STAD cooperative learning model and the class of control with direct learning model, the sample of this research is class XI-AV-4 amount to 33 students and class XI-AV-3 amount to 33 students of SMKN 2 Surabaya at 2017/2018 academic year. The instrument of this research is form of test to the learning outcome of student that is pretest to measure the learning outcome of student using cognitif domain.

From the result of this research is the average score of pretest experiment calss is 45,01 and the average score of posttest experiment calss is 80,68 with  t score 0,513 and significant score 0,05.  It means that  t score < t theory from calculation in posttest score showed that t score gets 2.162> t theory 2.00.  the conclution is STAD learning model has to the student in learning. Student  Achievement  which has been taught bay STAD models was better than model before.

Keywords: Type STAD  cooperative learning, outcomes learning

Published
2017-07-12
How to Cite
JUNAIDI, M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN INSTALASI MACAM-MACAM TIPE MIKROFON PADA SISTEM AKUSTIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 38