PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STREAMING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • ANAS MAULANA

Abstract

Abstrak

 

Latar belakang penelitian ini adalah untuk faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar, pemahaman, dan peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari kaidah pembelajaran, meningkatkan keinginan, minat, dan hasil belajar siswa sangat ditunjang oleh penggunaan media pembelajaran. Melalui media potensi indra siswa dapat diakomodasi sehingga keinginan, minat, dan hasil belajar siswa akan meningkat. Salah satu aspek media yang diunggulkan mampu meningkatkan keinginan minat dan hasil  belajar siswa adalah bersifat multimedia, yaitu gabungan dari berbagai unsur media seperti teks, gambar, animasi, video (Rusman, 2011). Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video streaming  dan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis video streaming pada mata pelajaran teknik kerja bengkel kelas X teknik audio video di SMK Negeri 7 Surabaya.

Penelitian ini menggunakanan metode Riset and Development (R & D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Pretest-Posttest-Only Control Design. Penentuan sampel menggunakan stratified random sampling dan penentuan kelas          X TAV 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming dan siswa kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t pada taraf signifikansi (α) 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media pembelajaran berbasis video streaming sebesar 86,75% pada kategori Sangat Valid, (2) hasil uji-t sampel independent menggunakan SPSS sebesar 19,727 dengan taraf signifikan α 0,05 dan ttabel 1,99 atau terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung tanpa dilengkapi mediapembelajaran berbasis video streaming, dan (3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran langsung (MPL) dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming 88,6% atau pada kategori sangat baik. maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dengan dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming dan hasil belajar pada kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming.

Kata Kunci: Video Streaming, MPL, Perbedaan dan Hasil belajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

 

The background of this research is for factor that causes lack of study interest, understanding, and enchancement of student study result. Judging from the learning rules, improving desire interest and student study result is very supported by learning media usage. Through potential of student senses can be accommodated so desire, interest and student study result will increased. One of the media aspect that is take precedence able to improve desire, interest and student study result that is multimedia, that is a combination of various elements of media like text, picture, animation, video (Rusman 2011).This researchis aimned for knowing the difference study result in the student cognitive domain that taught by using learning media based by streaming video and doesn’t using learning media based by streaming video in workshop technique subject X class audio video techniques in Surabaya 7 vocational high school.

This research is using method of Riset and Development (R&D). The design of research that is used is True Eksperimental Design by using form of pretest-posttest-only control design. Sampel determination is using stratified random sampling and determination of X TAV 1 class as experiment class that is taught by using direct learning model equipped with learning media based by streaming video and student of X TAV 2 class as controlled class that is taught by using direct learning model without equipped learning media based by streaming video. Technique of data analysis using descriptive statistic and t-test on the significant level.

Technique of analysis data is using statistic descriptive dan t-test on significant level (a) 0,05. Result of research showed : (1) learning media validation based streaming video amount 86,75% in category very valid, (2) t-test independent  sample result using SPSS amont 19,727 with significant taraf a 0,05 dan t-table 1,99 or there’s different of student learning result that taught with direct learning model (MPL) equipped media learning based streaming video dan student learning result that taught by direct learning model (MPL) without equipped learning based streaming video,and (3) student response to learning implementation direct  learning model (MPL) equipped learning media based streaming video 88,6% or in very good category. So it can concluded that there is a significant difference study result in the experiment class that is taught by using direct learning model with equipped learning media based by streaming video and study result in the controlled class that is taught by using direct learning model without equipped learning media based by streaming video.

Keyword: Streaming Video, MPL, Difference and study result..

Published
2017-07-18
How to Cite
MAULANA, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STREAMING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 31