PEMBUATAN TRAINER MIKROKONTROLLER BERBASIS ATMEGA16 UNTUK APLIKASI PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

  • Achmad Ali Asfahani

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer dan jobsheet palang pintu kereta api otomatis yang valid. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja siswa dalam menggunakan media pembelajaran trainer.

Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dibatasi menjadi 7 tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) analisa dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kevalidan media yang dihasilkan dan hasil penilaian kinerja praktikum siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan media trainer dan jobsheet.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinyatakan sangat valid dengan rerata hasil rating sebesar 96,9%, dan rerata hasil rating validasi terhadap jobsheet sebesar 92,3% dinyatakan sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet palang pintu kereta api otomatis yang dihasilkan sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran. Kinerja siswa pada keseluruhan aspek yang terhapat dalam trainer dan jobsheet mendapat hasil dengan rerata tes kinerja siswa sebesar 89,5% yang dikategorikan sangat baik dan dinyatakan tuntas karena melebihi KKM ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet baik digunakan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada kegiatan praktikum.

Kata Kunci : trainer, jobsheet, palang pintu, mikrokontroller, kinerja siswa.

Abstract

This research aims to produce a valid trainer media and its worksheet on the automatic railway barrier application, and then to know the result of the psicomotor score due to the learning process using trainer and worksheet media.

The method used in this study is research and development method (R&D) which is modified into seven stages: (1) analyzing potentials and problems, (2) collecting data, (3) product designing, (4) design validity, (5) design revision, (6) product testing, and (7) report and analysis. This research studies the validity results to know the learning media validity, and the psicomotor scores to know the student’s skills on the trainer usage to get the learning process completeness.

Those learning media are assessed by the experts, and the results show: (1) the percentage of trainer media validity is 96,9% (very valid), and (2) the percentage of worksheet media validity is 92,3% (very valid). It can be concluded that the automatic railway barrier trainer and worksheet is valid to be used as a learning media in the learning process. The assessment of the student skills on the trainer usage resulting 89,5% (very good) percentage of psicomotor score. This percentage shows the learning process completeness because of bigger psicomotor score than the minimum limit (KKM ≥75). Hence, it can be concluded that the automatic railway barrier trainer and jobsheet are good as a learning media to get the learning process completeness.

Kata Kunci : trainer, jobsheet, doorstop, microcontroller, student assessment of psychomotor.

Published
2017-07-21
How to Cite
Ali Asfahani, A. (2017). PEMBUATAN TRAINER MIKROKONTROLLER BERBASIS ATMEGA16 UNTUK APLIKASI PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 37