PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI SMK NEGERI 1 BEJI KABUPATEN PASURUAN (2011)

  • NADHIRO NURDJANNAH jpte@ejournal.unesa.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement
Divisions (STAD) dengan kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI).
Rancangan penelitiannya menggunakan Nonequivalent Controle Group Desaigns. data respon dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif berupa prosentase, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar digunakan analisis statistic inferensial, yaitu uji t atau t tes. Hasil pretes digunakan untuk mengetahui tingkat kesepadanan dari dua kelompok dan dianalisis dengan uji t yang hasilnya ternyata tidak ada beda yang signifikan, dalam arti kedua kelompok adalah sepadan. Hasil analisis uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) dengan rata-rata skor 85,85 lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan rata-rata 75,28. Pengisian angket respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) maupun terhadap pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) secara keseluruhan mempunyai respon positif yang sama dan
termasuk kriteria respon yang baik dengan rata-rata prosentase respon siswa yang sama sebesar 77 % untuk pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions
(STAD) maupun terhadap pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI).

Kata kunci: Respon pembelajaran, STAD, TAI

Author Biography

NADHIRO NURDJANNAH, jpte@ejournal.unesa.ac.id
jurusan teknik elektro, fakultas teknik, UNESA
Published
2012-05-01
How to Cite
NURDJANNAH, N. (2012). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI SMK NEGERI 1 BEJI KABUPATEN PASURUAN (2011). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v1n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 17