STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • KANZUL KHOLILI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa  dengan model pembelajaran two stay two stray dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran sensor dan aktuator di kelas XI TEI SMKN 2 Bojonegoro. Dalam penelitian ini hasil belajar yang akan dicari adalah hasil belajar kognitif.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dari kelas eksperimen dan kontrol dalam penelitian ini tidak dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran two stay two stray sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diambil dengan teknik tes yang berupa pilihan ganda.

Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran two stray two stray lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dimana thitung > ttabel dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 didapatkan thitung(3,300)> ttabel(1,67) dan rerata nilai kelas eksperimen  (83,06) > rerata nilai kelas kontrol (78,89). Sehingga hipotesis  nol (H0) ditolak dan (H1) diterima, maka dapat disimpulkan Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sensor dan aktuator yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray  lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Kata Kunci : Two stay Two stray , model pembelajaran langsung, hasil belajar siswa.

 

Abstract

This study aims to determine learning outcomes of student with two stay two stray learning model as compared direct instruction model on the subject of sensors and actuators in class XI TEI SMKN 2 Bojonegoro. In this study learning outcomes of student to be searched is the result of cognitive learning.

This type of research used in this research is Quasi Experimental Design with Type Nonequivalent Control Group Design. Sampling for the experiment class and control class in this researchis not chosen at random. experiment class using two stay two stray learning model, while for grade control class using direct insruction learning model. The data of this research in the form of student learning outcomes taken with the technique of multiple choice test.

Results of research and data analysis showed that the two stray two stray learning model is better than the direct instruction model. This is evidenced from the results of t-test where tcount(3,00) > ttable (1,67) with a significance level (α) = 0.05 and the average of experimental class (83,06) >  the average value of the control class (78,89).So the null hypothesis (H0) is rejected and (H1) accepted, it can be concluded that learning outcomes on the subject of sensors and actuators that use cooperatif learning type two stay two stray learning model was better learning outcomes compared to students with direct instruction model.

Keywords : Two Stay Two Stray , Direct Instruction, Student Learning

Published
2017-07-27
How to Cite
KHOLILI, K. (2017). STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 14