PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • FARID SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS(Think Pair Share) memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Surabaya, (2) mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran elektronika dasar di SMKN 2 Surabaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen.

Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design (nonequivalent control group design). Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pre test didapat bahwa nilai thitung< ttabel, sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran  yang berbeda. Dan hasil perhitungan uji-t post-test menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. yang artinya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil observasi keterlaksanaan diperoleh hasil rating adalah 86.6% termasuk dalam kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

Abstract

This research is aims to: (1) know the influence of used TPS cooperative learning model giving better result to be compared with direct learning model on basic electronics subjects  at SMKN 2 Surabaya, (2) know how perfomed learning by use TPS cooperative learning model application in basic electronics subjects  in SMKN 2 Surabaya.

This research is using experiment research type. While this research method usedQuasi Experimental Design method type. The data analysis used t-test to know the influence of using TPS learning model to the student learning outcomes.

Based on the results of the t test-pre test obtained that the value of t count <ttabel, so it can be interpreted that there is no significant difference before applied learning with different learning models. And the result of post-test t-test shows that thitung is ttable equal to. Which means the learning outcomes of students using the model of TPS learning is better than the results of student learning using direct learning model. From the observation results obtained the result of the rating is 86.6% included in the criteria is very good

Keywords: TPS cooperative learning model, direct learning model, learning outcome 

Published
2017-07-28
How to Cite
SETIAWAN, F. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 29