PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • PUTRIASIH YANUARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran serta dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang ditinjau dari validitas media, efektivitas media dan kepraktisan media. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran audio visual yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen Teknik Elektronika dan 2 guru SMKN 2 Surabaya  sebagai  validator ahli,  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  38 siswa kelas X AV-4 SMKN 2 Surabaya. Validitas media pembelajaran audio visual memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh persentase penilaian > 62,5%. Efektivitas media pembelajaran audio visual memenuhi syarat efektif jika hasil belajar peserta didik mencapai >75%. Kepraktisan media pembelajaran audio visual memenuhi syarat praktis jika masingmasing kriteria memperoleh penilaian > 62,5%.

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan masing-masing kriteria  yang telah divalidasi dinyatakan valid dengan total hasil rating sebesar 85,5%. (2) efektivitas media pembelajaran audio visual dinyatakan efektif yang memperoleh ketuntasan klasikal kelas sebesar 84,21%. (3) kepraktisan media pembelajaran audio visual dinyatakan praktis yang memperoleh total hasil rating sebesar 85,41%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran..

Kata kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, (R&D).

Abstract

The development research of audio visual learning media is aims to produce a learning media that can help student in learning process and developed based on content, display, and language criteria, in additionbesides to determine the feasibility of learning media in terms of media validity, media effectiveness and media practicality.  

This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D). Audio visual learning media that developed are validated by 2 lecturers of Electronics Engineering and 2 teachers of SMKN 2 Surabaya as expert validator,  then tested limited to 38 student of X AV-4 class SMKN 2 Surabaya. The validity of audio visual learning media eligible valid if each criterion gets a percentage of the rating > 62,5%. The effectiveness of audio visual learning media eligible effective if student learning outcomes up to > 75%. The practicality of audio visual learning media eligible practical if each criterion gets estimation > 62,5%. 

The result of this development of audio visual learning media showed that: (1) based on each validated criterion it is declared valid with total of rating results 85,5%. (2) the effectiveness of audio visual learning media declared for effective that obtains calssical completeness of the class of 84,21%. (3) the practicality of audio visual learning media declared for practical that obtains with total of rating results 85,41%. So it can be concluded that produced of learning media is feasible to be used in the learning process. 

Keywords : Learning Media,  Audio Visual , (R&D)

Published
2017-07-28
How to Cite
YANUARTI, P. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n3.p%p
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 41