PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NE

  • DEDIK HERIANTO jpte@ejournal.unesa.ac.id

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran konvesional pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif.

Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahap dan diakhiri dengan tahap analisa dan pelaporan hal ini dikarenakan tidak diproduksi dalam skala yang besar (ruang lingkupnya hanya terbatas pada satu sekolah saja)

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dinyatakan baik dengan hasil rating validasi modul 86,6 dan respon siswa terhadap proses kooperatif tipe NHT dengan hasil rating 87,87%. Rata-rata Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,22 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,88. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 5,919 dan untuk t tabel pada taraf signifikan 5% (0,05) adalah 2,04. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan kooperatif tipe NHT mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Abstract

Background of this research is still the use of conventional learning models in institute education. In the conventional learning model, students are required to master the material is less active so that have an in with the result learn the student. At development of the learning models type cooperative numbered head together (NHT), expected can improve the result learn the student and student can learn actively.
This research is the development of research methods Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. In this research, there are 10 (ten) steps such as problem analysis phase, data gathering phase, stage design, stage design validation, revision stage design, stage of product testing, product revision, testing of usage, the revised product, mass production. Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tujuh tahap dan diakhiri dengan tahap analisa dan pelaporan hal ini dikarenakan tidak diproduksi dalam skala yang besar (ruang lingkupnya hanya terbatas pada satu sekolah saja). But in this study was only conducted until the seven stages and finishes with analysis and reporting phase of this is due not produced in large scale (scope limited to one school only).      
The tests show that the
development of the learning models type cooperative numbered head together (NHT) is declared good with the results of 86,6 rating and students response to development of the learning models type cooperative numbered head together (NHT) otherwise good learning model with the rating of 87,87%. The average results of student learning in the classroom experiment at 80,22 and the average value of the control class at 72,88. While the calculations obtained using t test t value 5,919 and t tables at the significant level of 5% (0.05) is 2,04.  Based on the above results, it can be concluded that the class that uses the development of the learning models type cooperative numbered head together (NHT), has the value of learning a better learning results than the class using conventional learning models.

Keywords: learning device ,Study Model NHT, Research and Development (R & D) , Results of Learning.

Author Biography

DEDIK HERIANTO, jpte@ejournal.unesa.ac.id
jurusan teknik elektro fakultas teknik UNESA
Published
2012-05-01
How to Cite
HERIANTO, D. (2012). PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NE. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v1n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 55