PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PROGRAM DIKLAT DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 7 SURABAYA

  • Danang Putra Pradana Putra Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Teknik Digital di SMK Negeri 7 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar (pree-test dan post-test). Prosedur dalam penelitian ini, yaitu tahap persiapan dan perencanaan penelitian, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (XTAV1) adalah sebesar 87,08 dengan standar deviasi sebesar 5,23 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (XTAV2) adalah sebesar 79,30 dengan standar deviasi sebesar 7.89, dengan hasil perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu nilai thitung 3.82 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Harapan yang dapat peneliti sampaikan, hendaknya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dikembangkan dan digunakan dalam proses belajar mengajar dengan sebelumnya melakukan telaah kompetensi yang ingin dicapai sehingga penerapannya sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan hasilnya lebih maksimal.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar siswa.

 

Abstract

This research aims to find student learning outcomes using Cooperative Learning Model type Numbered Head Together (NHT) better than Cooperative Learning Model of type Student Teams Achievement Division (STAD) on standards competence in SMK Negeri 7 Surabaya. The research design used a Quasi experiment (Nonequivalent Control Group Design). The collection of data in this study were obtained through the test results of the study (pree-test and post-test). The procedures in this study, including preparation and planning, research implementation, and the final stage.

From the results obtained, shows that: (1) average results of learning classroom experiment (XTAV1) is the area of 87,08 with a standard deviation of 5, 23 and the average results of learning control class (XTAV2) is equal to the standard deviation of 79,30 7.89, with the results of the calculation of t-test to come by thitung > ttabel, i.e. the value of thitung 3.82 and ttabel on their significance level of 5% (0.05) was 1.67. Based on the results of the above research, then it can be inferred that the class that uses this type of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT) has the value of the results of learning better than classroom Learning Model that uses a Cooperative type of Student Teams Achievement Division (STAD). Hope that can tell researchers, it should Cooperative Learning Model of type Numbered Head Together (NHT) could be developed and used in the process of teaching and learning by conducting an examination of competence to be achieved so that its application complies with the competencies to be achieved and the result is the maximum.

Keywords: Cooperative Learning Model Type Numbered Head Together (NHT), Cooperative Learning Model Type of Student Teams Achievement Division (STAD), student learning outcomes.

Author Biographies

Danang Putra Pradana Putra, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Putra, D. P., & ., L. (2013). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PROGRAM DIKLAT DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 30