PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN

  • . Supriyono . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe Structured Numbered Heads yang diterapkan pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran kooperatif yang diterapkan pada kelas Kontrol. Model pembelajaran kooperatif  tipe Structured Numbered Heads akan lebih tinggi hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif  pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Pademawu Kabupaten Pamekasan.

Penelitian ini menerapkan  model pembelajaran kooperatif  tipe Structured Numbered Heads. Secara umum model pembelajaran tersebut memudahkan pembagian tugas dan memudahkan siswa belajar  melaksanakan tanggung jawab individunya sebagai anggota kelompok, tiap anggota kelompok diberi nomor dan setiap nomor mendapat tugas yang berbeda sehingga siswa bisa membangun pemahamannya sendiri serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads) adalah sebesar 83,5 dan standar deviasinya adalah sebesar 7,071 . Untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol (model pembelajaran kooperatif) adalah sebesar 76,14 dan standar deviasinya adalah sebesar 6,078. Perbedaan antara hasil belajar tersebut dinyatakan taraf signifikan yakni sebesar 5%, untuk thitung adalah sebesar 3,894 dan ttabel adalah sebesar 1,67. Oleh karena itu  thitung >  ttabel,  maka H1 diterima dan H0 ditolak, dari pernyataan tersebut bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe structured numbered heads lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif yang diterapkan di kelas VIII  SMP  Negeri 2 Pademawu.

 

 

Kata kunci: Model pembelajaran tipe structured numbered heads dan hasil belajar

 

Abstract

Study was to determine the effect of cooperative learning model Numbered Heads Structured types are applied to the class of experiments and models of cooperative learning is applied to the control class. Structured cooperative learning model types Numbered Heads will be higher than the yield learning models of cooperative learning in class VIII Junior Hight School State 2 Pademawu Pamekasan

This study implement cooperative learning model Structured types Numbered Heads. In general, the learning model facilitates the division of tasks and facilitate student learning perform individual responsibilities as a member of the group, each member of each group is given a number and get a number of different tasks so that students can construct their own understanding and to improve learning outcomes.

The result showed the average student learning outcomes for experimental class (type Structured cooperative learning model Numbered Heads) amounted to 83,5 and the standard deviation is equal  to 7,071. For the average student learning outcomes for grade control (cooperative learning model) is at 76,14 and the standard deviation is equal to 6,078. The difference between the results of the study revealed that a significant level of  5%, for thitung amounted to 3,894 and ttabel amounted to 1,67. Therefore tcount >  ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected, from the statement that the learning outcomes using structured cooperative learning model types numbered heads higher learning outcomes using cooperative learning model applied in class VIII Junior Hight School State 2 Pademawu.

Keywords : Model type of structured learning numbered heads and learning outcomes

Author Biographies

. Supriyono ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., ., & Pramukantoro, J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 24