PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TEKNIK SCRAMBLED GROUPS PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • . Fitri Hardiyanti Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif dengan teknik scrambled groups, respon siswa, serta mengetahui hasil belajar siswa terhadap perangkat pembelajaran pada standar kompetensi memahami sifat dasar sinyal audio di SMK Negeri 3 Surabaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Four-D Model) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan. Pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan tiga tahapan pengembangan yaitu tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Develop) dengan menggunakan rancangan penelitian Quasi Eksperimental. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan X TAV 2 sebagai kelas kontrol. Pada kedua kelas diberi posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka pada penelitian ini menggunakan teknik analisis menggunakan uji-t.

Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki rata-rata rating sebesar 90,46% dan dikategorikan sangat baik atau sangat layak digunakan, respon siswa terhadap pembelajaran secara keseluruhan adalah positif atau sangat setuju dan termasuk dalam kategori respon sangat baik dengan rata-rata rating respon siswa sebesar 85,78%, dan hasil belajar siswa yang dilakukan selama proses pembelajaran memiliki rata-rata kelas eksperimen 77,26 dan kelas kontrol 69,05. Pada uji-t diperoleh thitung = 3,39 dan ttabel = 1,67 sehingga jelas terdapat pada daerah penolakan H0 karena thitung > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif dengan teknik scrambled groups lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Konvensional, Perangkat Pembelajaran, Model Kooperatif dengan Teknik Scrambled Groups, Respon Siswa, Hasil Belajar.

 

Abstract

Research is aimed to know the feasibility of the development of learning device cooperative model with scrambled groups technique, student’s responses, and knowing student’s study result on a learning device on the standard competency in understanding the basic nature of audio signal in SMKN 3 Surabaya.

The type of the research is developing the used of Four-D Model it consists of 4 developing stages. In this study the researcher used 3 developing stages those were Define, Design, and Develop by using Quasi Experimental research design. Two classes were used as an experimental classses X TAV 1 and X TAV 2 as a control classes. The post test were given to both of the classes to find out the student’s study result after the treatment that are being given. The researcher used uji-t technique analysis to abtain the data.

The result of the study showing that the learning device developed by the researcher had an average rating 90,46 % it categorized very good or creditable to use, student’s responses to this research were positive or very agree and included in the category of a response very good with student’s respons is about 85,78 %, student’s study result during the learning process having an average in experimental classes is 77,26 and in control classes 69,05. In uji-t obtain tcalc = 3.39 and ttable = 1,67. It is cleared that H0 is in rejection area because tcalc > ttable. Based on the research above it can be concluded that student’s study result which used cooperative model with scrambled groups technique is higher that student’s study result which used conventional learning model.

Keywords: Conventional Learning Model, Learning Device, Cooperative Model with Scrambled Groups Technique, Student’s Responses, The Results of Study.

Author Biographies

. Fitri Hardiyanti, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Hardiyanti, ., & Santosa, A. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TEKNIK SCRAMBLED GROUPS PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 27