PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGGUNKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA STANDART KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN KELAS X TAV DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Moh. Rizal Anwar Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibandingkan dengan model pembelajaran STAD pada standart kompetensi menerapkan dasar – dasar kelistrikan, juga untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperiment adalah reciprocal teaching yaitu kelas X TAV-2 dan untuk kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran STAD yaitu kelas X TAV-1. Dengan tahap analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara reciprocal teaching dibandingkan STAD.

Dari hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu model pembelajaran reciprocal teaching didapat nilai rata – rata hasil belajar sebesar 28.5833 dengan standart deviasi = 6.78116, sedangkan model pembelajaran STAD didapat nilai rata – rata hasil belajar sebesar 21.3433 dengan standart deviasi = 7.68216. Jadi hasil belajar siswa yang menggunakan model reciprocal teaching lebih tinggi dari pada model pembelajaran STAD. Dari analisis uji-t didapat nilai thitung = 3,84 > ttabel = 2,39 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan reciprocal teaching dibandingkan menggunakan STAD.

Kata Kunci: Pembelajaran Reciprocal Teaching , STAD dan hasil belajar.

 

Abstract

This research aims to know the difference between student learning outcomes of students who are in the process of learning the lesson that using a model reciprocal teaching model learning compared to a standard of competence apply STAD on the basics – basic electricity, as well as to find out the model of learning which is more effective for improving student learning outcomes.

The treatment given is reciprocal teaching eksperiment class i.e. class X TAV – 2  and for control classes are given the treatment STAD model of learning i.e. class X TAV-1. By using the data analysis T-tests to find out if there is a difference in student learning outcomes between reciprocal teaching compared STAD.

From the results of this research the results of which are model of reciprocal learning teaching gained value – an outcome study is 28.5833 with standard deviation = 6.78116. While the learning model of  STAD  obtained value – an outcome study is 21.3433  with  standard deviation = 7.68216. So learning outcomes students use reciprocal teaching models are higher than on learning model of STAD. From an analysis of test-t obtained the value thitung =3,84  > ttabel = 2,39 so it can be inferred, there is a difference between learning outcomes students use reciprocal teaching than use STAD.

Keywords: Reciprocal Teaching Learning, STAD and results of  learning students


Author Biographies

Moh. Rizal Anwar, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Anwar, M., & Pramukantoro, J. (2013). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGGUNKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA STANDART KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN KELAS X TAV DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 80