PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REALLY GETTING ACQUAINTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN DI SMKN 7 SURABAYA

  • Whira Wahyu Dwiantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Puput W. R. Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe really getting acquainted dengan model pembelajaran langsung dan mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe really getting acquainted dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMKN 7 Surabaya. Diambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random. Kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TITL 3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe really getting acquainted lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil belajar 87,62 (Eksperimen) dan 82,29 (kontrol), keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe really getting acquainted lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung  dengan rata-rata hasil pengamatan keterampilan sosial sebesar 91,19 untuk kelas eksperimen dan 84,68 untuk kelas kontrol.

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif,  really getting acquainted, hasil belajar siswa, keterampilan sosial siswa

 

Abstract

This research aims determine the difference in student learning outcomes using the model of cooperative learning type really getting acquainted with hands-on learning models and nowing the differences in the social skills of students using cooperative learning model compared with the direct learning model.

Type of research is quasi experiment with research design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study were students of class XI TITL SMKN 7 Surabaya. Sample taken 2 classes with the sampling technique used is simple random. TITL class 1 as class XI and XI TITL experiment 3 as the control class. While to know the differences in the results of their study used data analysis techniques t-test.

The results showed that learning outcomes of students who use active learning model really getting acquainted with this strategy is higher than the students using hands-on learning models with an average of 87.62 learning outcomes (Experiment) and 82.29 (control), social skills of students using active learning model really getting acquainted with this strategy is higher than the students using hands-on learning models with average social skills observation of 91.19 to 84.68 for the experimental class and control class.

Keywords: models of cooperative learning, really getting acquainted, student learning outcomes, students' social skills

Author Biographies

Whira Wahyu Dwiantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Puput W. R., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Dwiantoro, W., & R., P. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REALLY GETTING ACQUAINTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 29