PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMASANG SISTEM PENTANAHAN INSTALASI LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPETITION (CIRC) di SMKN 7 SURABAYA

  • Wahyu Rizal Gustria Permana jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • . Tri Rijanto jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan melihat kelayakan pada mata diklat memasang sistem pentanahan instalasi listrik. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa dan Lembar Penilaian. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Research and Development (R&D), langkah – langkah dalam penelitian ini adalah: Analisis Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain dan Analisis Pelaporan, untuk proses validasi perangkat pembelajaran digunakan instrument validasi. Terdapat 3 validator yang memvalidasi perangkat pembelajaran terdiri dari ahli materi & perangkat penelitian. Analisis data antara validator menggunakan indeks Validitas Aiken dengan kriteria ≥ 0,70. Hasil validasi dianalisis menggunakan indeks V­aiken­ berikut hasil rata – rata nilai validasi yang didapat: Silabus 0,81. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 0,82. Lembar Kerja Siswa 0,73. Lembar Penilaian 0,74. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis validasi perangkat untuk mata diklat memasang sistem pentanahan instalasi listrik ini sudah valid dan siap digunakan.

Kata Kunci: penelitian R&D, perangkat pembelajaran, validitas aiken.

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to develop a learning device by looking at the feasibility of training the eye installing electrical installation earthing system. Learning device includes: Syllabus, Lesson Plans, and the Student Worksheet Assessment Sheet. The learning method used is the Research and Development (R & D), step - step in this research is: Problem Analysis, Data Collection, Product Design, Design Validation, Design and Analysis Reporting Revisions to the validation process of learning devices are used instrument validation. There are 3 validator that validates device consists of learning materials and device research experts. Analysis of the data between the validator uses an index to the criteria of Validity Aiken ≥ 0.70. Validation results were analyzed using the index Vaiken below average yield - the average value obtained validation: Syllabus 0.81. Learning Implementation Plan 0,82. Student Worksheet 0,73. Assessment Sheet 0.74. The conclusion from the results of the validation analysis for training eye installing electrical installation earthing system is already valid and ready for use.

Keywords: Research and Development (R & D), learning tools, aiken validity.

Author Biographies

Wahyu Rizal Gustria Permana, jurusan Teknik Elektro FT Unesa

jurusan Teknik Elektro FT Unesa

. Tri Rijanto, jurusan Teknik Elektro FT Unesa
jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Gustria Permana, W., & Rijanto, . (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMASANG SISTEM PENTANAHAN INSTALASI LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPETITION (CIRC) di SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 21