PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN KELAS XI TITL SEMESTER I DI SMKN 7 SURABAYA

  • Muhammad Dzulfikri , Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMKN 7 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random. Kelas XI TITL-1 sebagai kelas eksperimen dan XI TITL-2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil belajar sebesar 79,28 (eksperimen) dan 67,38 (kontrol); (2) Keterampilan sosial siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil lembar pengamatan keterampilan sosial sebesar 73,80 untuk kelas eksperimen dan 68,37 untuk kelas kontrol.

Kata kunci : Metode Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Pembelajaran  Reconnecting, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Sosial Siswa.

 

 

ABSTRACT

This study aims to: (1) Determine the difference in student learning outcomes using active learning strategies reconnecting with the learning outcomes of students using hands-on learning models. (2) Knowing the differences in the social skills of students using active learning strategies reconnecting with students' motivation to learn using hands-on learning models.

The research method used was quasi experiment with research design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study were students of class XI TITL SMKN 7 Surabaya. Sample taken 2 classes with the sampling technique used is simple random. Class XI-1 TITL as TITL experimental class XI-2 and the control class. While to know the differences in the results of their study used data analysis techniques t-test.

The results showed that: (1) learning outcomes of students using active learning strategies reconnecting higher than student learning outcomes using direct learning model with an average yield of 79.28 study (experiment) and 67.38 (control ), (2) social skills of students using active learning strategies reconnecting higher than the direct instruction model with average social skills observation checklist results of 73.80 to 68.37 for the experimental class and control class.

Keywords:  Active Learning Method Reconnecting With Learning Strategies, Models Direct Learning, Student Learning Outcomes, Student Social Skills.

Author Biographies

Muhammad Dzulfikri ,, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
, M., & ., J. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN KELAS XI TITL SEMESTER I DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 150