PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • MALA IKLIMAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 1 Sidoarjo, bahwa terdapat kendala sarana yang belum terpenuhi. Salah satu sarana yang belum terpenuhi yaitu media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupa-kan salah satu sarana pendukung pembelajaran yang diperlukan sebagai alat bantu penyampai materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interktif yang valid dan praktis untuk digunakan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri atas 7 langkah yaitu:            (1) penentuan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) hasil uji coba produk dan pelaporan. Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif diujikan kepada siswa kelas X Audio Video pada mata pelajaran elektronika dasar dan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Pada penelitian ini rancangan ujicoba yang digunakan adalah pola One-Shot Case Study.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dengan menggunakan software Construct 2 pada aspek validitas media pembelajaran dinyatakan valid dengan hasil rating sebesar 79,38% dan aspek kepraktisan media pembelajaran interaktif yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan perolehan hasil rating sebesar 86,04%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran interaktif dengan menggunakan software Construct 2 valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran elektronika dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, kevalidan, kepraktisan

 

Abstract

This research was motivated by the results of observation at SMK Negeri 1 Sidoarjo. Result of observation showed that there are constraints on the means that have not been fulfilled. One means of which have not been fulfilled is an interactive learning media. Interactive learning media is one of supporting learning means the necessary as aids delivering the materials. The aims of this research to produce a valid and practically interactive learning media. 

This research is a type of development research which consists of seven steps: (1) potentials and problems; (2) data collection; (3) the design of product; (4) design validation; (5) the revision of the design; (6) product trials; and (7) analysis and reporting. The research subject was students of class X TAV at SMK Negeri 1 Sidoarjo. Design of this research was One-Shot Case Study design.

The results of this research showed that validity level of interactive learning media by using software Construct 2 is state valid with the rating of 79,38% and practically level in terms of the response of the students state very practical with the rating 86,04%.

Based on the research is known that an interactive learning media by using software construct 2 valid and practical to use in the learning process on the basic technique electronics subject in SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Keywords: Interactive learning Media, Validity, Practically.

Published
2017-12-12
How to Cite
IKLIMAH, M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n1.p%p
Abstract Views: 201
PDF Downloads: 261