PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BASE GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO PADA SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Amri Sapto Nugroho Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Coperative Base Group yang diterapkan pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran konvensional atau langsung yang diterapkan pada kelas Kontrol. Model pembelajaran Coperative Base Group akan lebih tinggi hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional atau langsung pada kelas X di SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Penelitian ini menerapkan  model pembelajaran Coperative Base Group. Secara umum model pembelajaran tersebut memudahkan pembagian tugas dan memudahkan siswa belajar  melaksanakan tanggung jawab individunya sebagai anggota kelompok, dan antar siswa sebagai anggota kelompok dapat saling membantu dalam pencapaian materi pembelajaran yang diajarkan.

Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen (model pembelajaran Coperative Base Group) adalah sebesar 83 dan standar deviasinya adalah sebesar 5,56 . Untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol (model pembelajaran konvensional atau langsung) adalah sebesar 77,23 dan standar deviasinya adalah sebesar 7,03. Perbedaan antara hasil belajar tersebut dinyatakan taraf signifikan yakni sebesar 5%, untuk thitung adalah sebesar 2,6 dan ttabel adalah sebesar 1,402. Oleh karena itu  thitung ttabel,  maka H1 diterima dan H0 ditolak, dari pernyataan tersebut bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Coperative Base Group lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional atau langsung yang diterapkan di kelas X  SMK  Negeri 1 Sidoarjo.

 

 

 

Kata kunci: Model pembelajaran tipe Coperative Base Group dan hasil belajar

 

 

Abstract

Study was to determine the effect of cooperative learning model Coperative Base Group are applied to the class of experiments and models of conventional learning is applied to the control class. Structured cooperative learning fashion learning Coperative Base Group will be higher than the yield learning models of conventional learning in class X Senior Hight School State 1 Sidoarjo

This study implement cooperative learning model Structured types Numbered Heads. In general, the learning model facilitates the division of tasks and facilitate student learning perform individual responsibilities as a member of the group, each member of each group is given a number and get a number of different tasks so that students can construct their own understanding and to improve learning outcomes.

The result showed the average student learning outcomes for experimental class (fashion learning Coperative Base Group) amounted to 83 and the standard deviation is equal  to 5,56. For the average student learning outcomes for grade control (conventional learning fashion) is at 77,23 and the standard deviation is equal to 7,03. The difference between the results of the study revealed that a significant level of  5%, for thitung amounted to 2,6 and ttabel amounted to 1,402. Therefore tcount> ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected, from the statement that the learning outcomes using structured cooperative learning fashion Coperative Base Group higher learning outcomes using conventional learning fashion applied in class X Senior Hight School State 1 Sidoarjo.

Keywords : Fashion learning Coperative Base Group and learning outcomes

Author Biographies

Amri Sapto Nugroho, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro  FT Unesa
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro  FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Nugroho, A., & ., L. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BASE GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO PADA SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 33