PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KENDALI ELEKTROMAGNETIK MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK PADA KELAS XII TITL 1 DI SMKN 7 SURABAYA

  • fendi Achmad , Jurusan Teknik FT Unesa
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belaar siswa di SMK Negeri 7 Surabaya. Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbeda secara signifikan daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan modul, serta untuk mengetahui respon dan efektivitas belajar siswa di SMK Negeri 7 Surabaya.

Jenis     penelitian     yang     digunakan    adalah    pengembangan    dengan     metode     “Research     and

Development/R&D”, Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII TITL 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah rencana perangkat pembelajaran, modul, dan butir soal posttest.  Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu pada awal pembelajaran memperkenalkan perangkat pembelajaran, memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan modul pada kelas XII TITL 1, dan terakhir pemberian butir soal posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata persentase validasi oleh dosen ahli dan guru ahli serta respon siswa sebersar 84,87 % dan 87,5 % dari skor kriterium.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas XII TITL 1 dengan

nilai ≥ 80 adalah 26 siswa (tuntas) dan rata-rata dengan nilai ≤ 80 adalah 3 siswa (belum tuntas). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan   model   pembelajaran   berdasarkan   masalah   berbeda   secara   signifikan   daripada pembelajaran  tanpa  menggunakan  model  pembelajaran  berdasarkan  masalah.  Harapan  yang  dapat peneliti sampaikan hendaknya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran dapat lebih berkualitas

 

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran Kendali Elektromagnetik Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar Siswa.

 

ABSTRACT

This research aims to produce a decent learning media used to improve student’s achievement in state vocational high school 7 of Surabaya. Researcher trying to find out if using this learning media would make any significant difference to student’s achievement between those who used this learning media and those who don’t use it. Also, researcher trying to find out the response and effectiveness of student’s learning in state vocational high school 7 of Surabaya.

This research used "Research and Development / R & D" method, research was carried out in class XII

TITL 1 as a class experiment. The instrument used was the lesson plans, learning medias, and question  items for post test. The data were analyzed quantitatively descriptive and expressed as a percentage. The first treatment is  introducing the learning media ,then providing a learning process using the learning media class XII TITL 1, and finally giving posttest questions to find out student’s achievement. Based on this research, it was shown that the development of this learning media had met the criteria as a well worth learning media. It can be seen from the results of the average percentage of validation by lecturers and  teachers and also from students' responses by 84.87% and 87.5% of the score criteria.

The results showed that 26 students of class XII TITL 1 could achieve an average score of  ≥ 80 which

indicates that they  passed the test and 3 students could only achieved average of ≤ 80  which indicates that they didn’t passed. Based on the results above, it can be concluded that the model of learning to use learning medias are significantly different than learning without the use of learning medias. Hopefully, the learning media should be used in teaching and learning to improve student learning outcomes so that learning can be more qualified

 

Keywords :  Electromagnetic Control Learning media For Problems Based Instruction Learning Model,

Students  Achievement,

Author Biographies

fendi Achmad ,, Jurusan Teknik FT Unesa
Jurusan Teknik FT Unesa
Endryansyah . ., Jurusan Teknik FT Unesa
Jurusan Teknik FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
, fendi, & ., E. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KENDALI ELEKTROMAGNETIK MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK PADA KELAS XII TITL 1 DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 15