PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMKN 2 SURABAYA

  • ZHAFRAN NAUF AQIL M

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 2 Surabaya, bahwa terdapat permasalahan yaitu banyaknya remidi pada peserta didik, kurang memahami media yang ada disekolah, dan kurang efisien karena internet kurang stabil. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan tersebut berdasarkan pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan melalui penggunaan media pembelajaran berbantuan aplikasi Adobe Captivate 8.

Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (research and development) yang telah dimodifikasi pada langkah produksi masal diganti dengan analisa dan pelaporan, langkah langkah penelitian tersebut meliputi: (1) masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi uji, (8) uji kelayakan, (9) revisi produk akhir, dan (10) analisa pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TEDK 1 sebagai kelas kontrol dan X TEDK 2 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 2 Surabaya. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.

Kelayakan media pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 86%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon peserta didik dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 84%, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Dari tes hasil belajar peserta didik, didapatkan th = 6.924 > ttabel = 1.66 dengan signifikansi 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan ditinjau dari th yang bernilai positif menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran layak digunakan ditinjau dari kevalidan keefektifan, dan kepraktisan.

Kata Kunci: media pembelajaran, kevalidan, kepraktisan, keefektifan, research and development (R&D)

Abstract

This research is motivated by the observation result at SMK Negeri 2 Surabaya, that there are problems that is the number of remidi in the students, less understanding of media in school, and less efficient because the internet is less stable. The purpose of this study is to produce a decent learning media. The feasibility is based on aspects of validity, practicality, and effectiveness through the use of Adobe Captivate 8 assisted instructional apps.
The steps used in this research are research and development of R & D (research and development) that has been modified in the mass production step is replaced by analyst and reporting, the steps of research include: (1) problem, (2) data collection, (3) ) product design, (4) product validation (5) product revision, (6) product trial, (7) test revision, (8) feasibility test, (9) final product revision, and (10) reporting analysis. The subjects of this study were students of class X TEDK 1 as control class and X TEDK 2 as experimental class at SMK Negeri 2 Surabaya. In this research, the trial design used is pretest-posttest control group design.

The feasibility of learning media on the validity aspect is considered with the result of rating of 86%, the practical aspect viewed from the response of learners is very practical with the result of rating equal to 84%, the effectiveness aspect is viewed from the learners learning result. From the test results learners learn. obtained th = 6.924> ttable = 1.66 with 0,000 significance, so it can be concluded that there is a very significant difference in the final learning outcomes of learners between the experimental class and the control class and reviewed from the positive th value indicates that the experimental class gets better learning outcomes compared to the control class.

Based on the results of these studies it is known that the learning media worthy of use in terms of the validity and effectiveness, and practicality.

Keywords: learning media , validity, effectiveness, practicality, research and development (R&D)


Published
2018-07-18
How to Cite
NAUF AQIL M, Z. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n2.p%p
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 39