PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • ABDUL KHOBIR
  • PUPUT WANARTI RUSIMAMTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Elektronika Dasar (TESAR) yang Layak ditinjau dari tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Media Pembelajaran Interaktif TESAR ini berupa aplikasi offline yang bisa digunakan pada laptop dan komputer. Peneliti melakukan penelitian dengan memvalidasi media pembelajaran, uji coba media pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dan memberikan soal evaluasi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode Reaserch & Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 8 (delapan) tahapan yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, tahap revisi produk, tahap analisis dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan model penelitian One Shot Case Study.

Validitas Media Pembelajaran ditentukan dari hasil validasi oleh 3 validator. Validator menggunakan angket validasi media pembelajaran. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV2 di SMK Negeri 7 Surabaya. Jumlah siswa sebanyak 33 dalam 1 kelas. Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran dibuatlah angket respon yang ditujukan kepada siswa kelas eksperimen. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif TESAR, peneliti membuat posttest..

Berdasarkan analisis hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh validitas media pembelajaran pada aspek Media Pembelajaran sebesar 83,6 % dan dikategorikan baik.. Pada aspek materi pembelajaran nilai rata-rata hasil rating sebesar 70% dan dikategorikan baik. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari hasil angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata hasil rating sebesar 70,18% dengan kategori baik. Keefektifan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari hasil belajar siswa atau nilai akhir siswa diukur nilai Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) dengan nilai 85% efektif. Berdasarkan hasil penghitungan di atas media pembelajaran interaktif TESAR dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar yang ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan

Kata Kunci : TESAR, validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Abstract

This study aims to generate Media Interactive Learning Basic Electronics Engineering (Tesar) Eligible terms of three criteria: validity, practicality, and effectiveness. Interactive Learning Media TESAR is an offline application that can be used on laptops and computers. Researchers conduct research by validating the learning media, trial media learning in the classroom with the learning model using interactive learning media and provide evaluation questions.

This research is based on the method development Reaserch & Development (R & D). In this research, there are eight (8) stages namely stage potentials and problems of data collection stage, the stage of product design, design validation stage, stage design revisions, the stage of product testing, product revision stage, the stage of the analysis and conclusions. This research uses One Shot Case Study research model.

Validity of Learning Media is determined from the validation result by 3 validators. Validator uses questionnaire validation of instructional media. The subjects of this experiment were students of class X TAV2 in SMK Negeri 7 Surabaya. Number of students is 33 in 1 class. To know the practicality of instructional media was made a questionnaire response aimed at the experimental class students. Meanwhile, to know the effectiveness of interactive learning media TESAR, researchers make posttest.

Based on the analysis of research result of learning device development obtained the validity of learning media on Learning Media aspect of 83,6% and categorized good. In the aspect of learning materials the average value of the results of the rating of 70% and categorized well. The practicality of instructional media is obtained from the result of questionnaire of student response get the average value of the result of rating is 70,18% with good category. The effectiveness of this learning tool is obtained from student learning outcomes or final grade measured value of Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM) with an 85% effective value. Based on the results of the calculation of the above interactive learning media TESAR declared eligible to be used in learning activities on Basic Electronic Engineering subjects in terms of validity, practicality, and effectiveness.

Keywords : TESAR, validity, practicality, and effectiveness.

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract View: 46
PDF Download: 22