PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TRAINER LIFT PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

  • BAGUS HERMAWAN WIDADI
  • ACHMAD IMAM AGUNG

Abstract

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik tentunya pendidik membutuhkan bahan ajar yang mendukung proses belajar. Hasil pengamatan setelah peneliti melakukan observasi yang dilakukan pada SMK Muhammadiyah 2 Sidoarjo, dalam program keahlian teknik instalasi tenaga listrik yaitu terdapat trainer lift yang dapat menunjang proses belajar siswa tetapi belum pernah dimanfaatkan karena tidak adanya modul untuk trainer tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis trainer lift yang layak digunakan pada mata pelajaran instalasi motor listrik berdasarkan: (1) validitas modul berbasis trainer lift; (2) kepraktisan ditinjau dari respon siswa terhadap modul berbasis trainer lift dan; (3) keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) Sugiyono (2015). Subjek penelitian adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 2 Sidoarjo kelas XI TITL. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi modul pembelajaran, angket respon siswa, tes hasil belajar, dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan modul berbasis trainer lift pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan hasil ratting sebesar 3,8. Aspek kepraktisan ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil ratting sebesar 85,85%. Aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dinyatakan sangat efektif dengan hasil uji coba menggunakan desain Independent Sample Test diperoleh taraf signifikansi sebesar (α) 0,00 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, atau dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan antara nilai kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan aspek keefektifan yang ditinjau dari lembar aktivitas belajar siswa memperoleh rating sebesar 3,63 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Simpulan dari modul pembelajaran berbasis trainer lift pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Muhammadiyah 2 Sidoarjo dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Published
2018-07-24
How to Cite
HERMAWAN WIDADI, B., & IMAM AGUNG, A. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TRAINER LIFT PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 79