PENGEMBANGAN JOBSHEET PRAKTIKUM BERBANTUAN EKTS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRI DI SMKN 1 PUNGGING
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%25pAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan job sheet praktikum yang layak digunakan. Kelayakan mengacu pada tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Job sheet praktikum merupakan salah satu komponen penunjang dalam proses pembelajaran siswa SMKN 1 Pungging, khususnya kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik.
Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan tujuh tahap penelitian, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) analisis dan laporan. Penelitian ini menggunakaan dua kelas yaitu XI TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol (Non-Equivalent Control group Design). instrumen penilaian validitas menggunakan penilaian dari 4 validator sesuai bidang keahlian masing-masing.
Hasil penelitian pada aspek kevalidan job sheet berbantuan EKTS dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 83,30%, aspek kepraktisan job sheet berbantuan EKTS ditinjau dari respon guru dan respon siswa dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 89,87% dan aspek keefektifan job sheet berbantuan EKTS dari hasil belajar ranah kognitif siswa didapatkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 86,26 dan kelas kontrol 67,93 dan pada uji t dengan taraf signifikansi = 0,05 > 0,000, yang artinya terdapat perbedaan. dan hasil belajar ranah psikomotor siswa didapatkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 80 dan kelas kontrol 77, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang berbeda dimana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Kata Kunci: Job sheet, EKTS, Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan.
Abstract
This study aims to produce a practical work sheet that is feasible to use. Eligibility refers to three aspects: validity, practicality and effectiveness. Job sheet practicum is one of the supporting components in the learning process students SMKN 1 Pungging, especially class XI Technical Installation Utilization of Electric Power.
This research uses research and development (R & D) method with seven research stages: (1) research and information gathering, (2) planning, (3) initial product development, (4) preliminary test, (5) revision of limited field test , (6) broad product test, (7) analysis and report. This research uses two classes namely XI TIPTL 1 as experiment class and XI TIPTL 2 as control class (Non-Equivalent Control group Design). the validity assessment instrument uses an assessment of 4 validators according to their respective areas of expertise.
The result of research on EKTS assisted evaluation sheet aspect is valid with 83.30% rating, EKTS assisted job sheet aspect in terms of teacher response and student response is very good with result of rating 89.87% and effectiveness of EKTS assisted job sheet from result of learning of cognitive domain of student got average experiment class that is 86.26 and control class 67.93 and at t test with significance level = 0.05> 0.000, which means there is difference. and learning result of students psychomotor domain got the average of experiment class that is 80 and control class 77, so it can be concluded different student learning result where experiment class have higher mean value than control class.
Keywords: Job sheet, EKTS, Kevalidan, Practicality, Effectiveness.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

