PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XI DI SMK NEGERI 1 PUNGGING

Authors

  • ARDIKA SALMAN AL FARIZI
  • MUNOTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%25p

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted individualization (TAI) menggunakan macromedia flash 8 pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Pungging; (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung menggunakan macromedia flash 8 pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Pungging; (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Asisted individualization (TAI) menggunakan macromedia flash 8 dengan model pembelajaran langsung menggunakan macromedia flash 8 pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Pungging.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan control group pre-test-post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 2 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 1 Pungging. Kemudian untuk menganalisis data digunakan uji-t dengan menggunakan Independent Sample T Test dengan syarat data distribusi normal dan varian yang homogen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal-soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest. Sedangkan, untuk mengukur hasil belajar ranah psikomotorik menggunakan lembar pengamatan tes kinerja.

Data instrumen tes hasil belajar dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar postest siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung khususnya pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pungging. Hal ini, dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji-t dengan nilai thitung<ttabel (0,354<2,000) dengan taraf signifikansi >0,05 (0,725); (2) Hasil belajar siswa ranah psikomotorik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari pada model pembelajaran langsung dan terdapat peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) khususnya pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Hal ini, dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji-t dengan nilai thitung>ttabel (5,010>2,000) dengan taraf signifikansi <0,05 (0,000).

Kata Kunci: TAI, Model Pembelajaran Langsung, Respon Siswa, Hasil Belajar.

Abstract

The purpose of this research is to: (1) Know the learning outcomes of students taught by Cooperative Learning Model Type Team Asisted Individualization (TAI) using macromedia flash 8 in electrical power installation subject in SMK Negeri 1 Pungging; (2) Know the learning outcomes of students by direct learning model using macromedia flash 8 on the subject of electric power installations in SMK Negeri 1 Pungging; (3) Know the difference learning outcomes of students between taught by cooperative learning model team Type Assisted Individualization (TAI) using macromedia flash 8 compared with direct learning model using macromedia flash 8 on electric power installation subject at SMK Negeri 1 Pungging.

The research methodology applied for this study was a Quasi Experiment, using a control group pre-test-post-test design. The subjects in this study were students of class X TITL 1 as the experimental class and X TITL 2 as the control class in SMK Negeri 1 Pungging. Then, to examine the data we have employed t-test using an Independent Sample T Test with the normal distribution and variant homogeneous data. The research instrument was a test to measure student learning outcomes in the form of multiple choice questions for pretest and post test. Meanwhile, to measure the learning outcomes, psychomotor domain used the performance test observation sheet.

The test instrument data from the learning outcomes were analyzed using t-statistical analysis. The results showed that: (1) The result of post test learning of students who were taught by cooperative learning model of TAI type, there were differences in the improvement of learning outcomes compared to the control class taught by direct instruction model especially on Electric Vehicle Installation subject in SMK Negeri 1 Pungging. It is proved by the result of analysis using t-test with t-count < t-table (0,354 <2,000) with significance level> 0.05 (0,725); (2) Psychomotor student learning outcomes taught by cooperative learning model of TAI type is better than direct learning model. There is an improvement in the learning outcomes of the psychomotor domain in experimental class which were taught by cooperative learning model of TAI, especially on the subject of Electric Power Installation in SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. It is proved by the t-test result with a tcount> ttable (5.010> 2,000) with significance level <0,05 (0,000).

Keyword: TAI, Direct Learning Model, Student Learning Result

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-26

How to Cite

SALMAN AL FARIZI, A., & MUNOTO. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XI DI SMK NEGERI 1 PUNGGING. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 36