PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Authors

  • MUHAMMAD SYAICHU MANSYUR
  • MUNOTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%25p

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 2 Surabaya, bahwa terdapat permasalahan keterbatasan sumber belajar bagi siswa dan penggunaan multimedia pembelajaran yang kurang optimal dalam kegiatan pembelajaran. Menggunakan media pembelajaran video tutorial berbasis Software Adobe Flash Player diharapkan dapat memberi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan tersebut mengacu pada aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.
Metode penelitian yang dugunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Surabaya kelas X TAV yang berjumlah 33 siswa. Pada penelitian menggunakan 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi media pembelajaran, tes hasil belajar, angket respon, dan keterlaksanaan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran video tutorial pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 83%, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dari tes hasil belajar siswa didapatkan th = 34,329 > ttabel = 2,738 dengan signifikansi 0,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatkan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulakn media pembelajaran video tutorial dikatakan efektif. aspek kepraktisan yang ditinjau dari angket respon dan keterlaksanaan pembelajaran untuk angket respon guru dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 95%, Sedangkan untuk hasil angket respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan memperoleh hasil rating 81%, Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh hasil rating sebesar 83%, sehingga dapat dinyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik.Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial, adobe flash player, validitas, efektifitas, kepraktisan

Abstract

This research is motivated by the observation in SMK Negeri 2 Surabaya, that there are problems of limited learning resources for students and the use of multimedia learning that is less than optimal in learning activities. Using tutorial video learning media with Adobe Flash Player Software is expected to provide solutions to improve student learning outcomes. This study aims to produce a decent learning media. Such eligibility refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality.
The research method used is Research and Development (R & D). The subjects of the study were students of SMK Negeri 2 Surabaya class X TAV which amounted to 33 students. In the study using 7 steps are: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trial; (7) analysis and reporting. Instruments used are validation sheet of instructional media, test of learning result, response questionnaire, and implementation of learning.
The results showed that the feasibility level of instructional video media on the aspect of validity is considered very feasible with the result of rating of 83%, effectiveness aspect in terms of student learning outcomes from the test of student learning results obtained th = 34.329> ttabel = 2.738 with significance 0.00, it can be concluded that there is a significant increase in student learning outcomes. So it can disimpulakn tutorial video learning media is said to be effective. the practical aspect in terms of questionnaire responses and the implementation of learning for teacher response questionnaire is stated very practical with the result of rating of 95%. As for the result of questionnaire of student response is stated very practical by obtaining the result of rating 81%, The implementation of learning get the result of rating equal to 83% it can be stated that the implementation of learning is done well.
Keywords: learning media, video tutorials, validity, effectiveness, practicality

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-26

How to Cite

SYAICHU MANSYUR, M., & MUNOTO. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 50