PERSEPSI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PROGRAM REVITALISASI SMK SERTA KETERLAKSANAANNYA: STUDI KASUS DI SMKN 1 SURABAYA

  • Nurul Priyanto
  • TRI RIJANTO

Abstract

Abstrak

Laporan yang berjudul Global Human Capital Report tahun 2016 mengkaji tentang kualitas SDM di 130 negara, Indonesia masih berada dibawah negara-negara Asean. Dari ini keluarlah Impres nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Program revitalisasi SMK dilaksankan salah satunya di SMKN 1 Surabaya Program revitalisasi SMK melibatkan guru dan tenaga kependidikan. Terlaksana dan tidak terlaksana program ini bergantung juga kepada persepsi guru dan tenaga kependidikan. Penelitian ini memiliki tujuan mendiskripsikan: (1) persepsi guru dan tenaga kependidikan terhadap program revitalisasi SMK, dan (2) keterlaksanaan program revitalisasi SMK tahun 2017 di SMKN 1 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data sebelum penelitian. Angket digunakan untuk mendapatkan data tentang persepsi guru dan tenaga kependidikan, dokumentasi digunakan untuk mendapatkan dokumen penunjang lainya.

Penelitian ini menghasilkan persepsi guru dan tenaga kependidikan terhadap program revitalisai SMK 100% positif, dan pelaksanaan nasional program revitalisasi SMK yang berupa pendampingan dari perguruan tinggi terlaksana 5 kali pertemuan. Untuk kegiatan internal penjabaran program revitalisasi SMK sudah terlaksana keseluruhan.

Kata kunci: Revitalisasi, persepsi

Abstract


A report entitled Global Human Capital Report 2016 examines the quality of human resources in 130 countries, Indonesia is still under ASEAN countries. From this, the Presidential Decree number 9 of 2016 came out about revitalizing vocational schools in order to improve the quality and competitiveness of Indonesian human resources. The Vocational School revitalization program was carried out one of them at SMK 1 Surabaya Vocational revitalization program involved teachers and education personnel. Implemented and not implemented this program depends also on the perceptions of teachers and education personnel. This study aims to describe: (1) teachers perceptions and education personnel on the revitalization program of SMK, and (2) the implementation of the revitalization program of SMK in 2017 at SMKN 1 Surabaya.

The research method used is a survey. Data was collected using interview methods, questionnaires, and documentation. Interviews were used to obtain pre-research data. Questionnaires are used to obtain data about the perceptions of teachers and education personnel, documentation is used to obtain other supporting documents.

This research resulted teachers perceptions and education personnel on the 100% positive SMK revitalization program, and the national implementation of revitalization program of Vocational High School in the form of accompaniment from universities was conducted 5 times. For internal activities the translation of the SMK revitalization program has been carried out in its entirety.

Keywords: Revitalization, perception
Published
2018-07-26
How to Cite
Priyanto, N., & RIJANTO, T. (2018). PERSEPSI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PROGRAM REVITALISASI SMK SERTA KETERLAKSANAANNYA: STUDI KASUS DI SMKN 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 31