PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN VISUAL BASIC 6.0 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • KHARISMA SOGA ILHAMI
  • TRI RIJANTO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Membuat modul pembelajaran Visual Basic 6.0 yang layak digunakan pada standart kompetensi memahami Teknik Pemrograman Bahsa Visual Basic 6.0 di SMK Negeri 2 Bojonegoro. (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran Visual Basic 6.0 pada pembelajaran Produktif, dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran Visual Basic 6.0 pada pembelajaran Produktif.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model R&D yang merupakan singkatan dari Research and Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Elektronika Industri yang berjumlah 36 siswa. Desain penelitian ini menggunakan One Shot Case Study dimana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel control sebagai pembanding. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis rating, rerata, persentase skor, tabulasi serta kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran Visual Basic 6.0 yang telah divalidasi dengan mendapatkan rata-rata skor rating sebesar 88,58% dengan kriteria nilai sangat baik. Dari hasil respon siswa terhadap modul pembelajaran didapatkan rata-rata skor sebesar 80,56% dengan criteria nilai baik. Hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata 77,75, sedangkan ketuntasan klasikal diperoleh persentasese besar 88,89%. Hasil tersebut berada diatas ketuntasan klasikal minimal sebesar 75%. Dengan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran ini dikatakan tuntas. Hal ini membuktikan bahwa modul pembelajaran Visual Basic 6.0 dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Modul Pembelajaran,Visual Basic 6.0, R&D.

Abstract

The purpose of this study is (1) Creating a learning module of Visual Basic 6.0 that is suitable to be used on standard of competence to understand Visual Basic Programming Technique at SMK Negeri 2 Bojonegoro (2) Knowing student learning outcomes after using Visual Basic 6.0 learning module on Productive learning, and 3) Knowing students response to learning module of Visual Basic 6.0 on Productive learning.

This research is a development research by using R & D model which is the abbreviation of Research and Development. The subjects of this study are students of class X Electronics Industrial Engineering amounting to 36 students. This research design using One Shot Case Study where in this research design take one control sample as comparison. Data analysis was performed with data presentation, rating analysis, mean, percentage score, tabulation and conclusion.

The result of this research is the Visual Basic 6.0 module that has been validated by getting the average score of 88.58% with the criteria of excellent value. From result of student response to learning module got average score equal to 80,56% with good value criterion. Student learning outcomes obtained an average score of 77.75, while the classical mastery obtained a large percentage 88.89%. The result is above the classical completeness of at least 75%. With these results it can be stated that this learning is said to be complete. This proves that the learning module Visual Basic 6.0 otherwise feasible use as a medium of learning in the classroom.

Keyword : Learning Module, Visual Basic 6.0, R & D.
Published
2018-07-26
How to Cite
SOGA ILHAMI, K., & RIJANTO, T. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN VISUAL BASIC 6.0 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 66