PENGEMBANGAN BUKU SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X ITL DI SMKN 2 SURABAYA

  • NURUL FAIQOH
  • TRI RIJANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa yang layak digunakan. Beberapa sekolah belum memilki buku siswa mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik sebagai salah salah satu bahan ajar yang digunakan untuk meunjang kegiatan belajar siswa di kelas. Kelayakan buku siswa tersebut mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Buku siswa merupakan salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Surabaya, khususnya kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sehingga, buku siswa ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) 4-D model Thiagarajan yang terdiri dari define, design, dan develop. Penelitian ini menggunakan satu kelas uji coba yaitu kelas X ITL 1 dengan desain one shot case study. Validasi buku siswa dilakukan oleh validator ahli menggunakan lembar validasi.

Hasil penelitian ini adalah buku siswa mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dicetak kertas A5, tebal 90 halaman, dan berisi materi selama satu semester. Pada aspek validitas menunjukkan sangat valid dengan hasil rating sebesar 88,62%, aspek kepraktisan media pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan perolehan hasil rating dari respon siswa sebesar 88,13%, aspek keefektifan buku siswa ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siswa didapatkan signifikansi 0,05, sehingga efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku siswa mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Buku siswa, Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan.



Published
2018-07-27
How to Cite
FAIQOH, N., & RIJANTO, T. (2018). PENGEMBANGAN BUKU SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X ITL DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 72