PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER DAN JOBSHEET PENGASUTAN DAN PENGEREMAN MOTOR LISTRIK AC 3 FASA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO

  • BAASITO TRIMARWAN PUTRA
  • TRI RIJANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi kelayakan Trainer Pengasutan dan Pengereman Motor Listrik AC 3 Fasa melitputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Pengembangan trainer dan jobsheet ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Desain uji coba yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest. Uji coba trainer dan jobsheet dilakukan pada peserta didik Kelas XI TITL 1 SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo sebanyak 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi trainer dan jobsheet, angket kepraktisan trainer, dan tes hasil belajar peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan kevalidan trainer dan jobsheet dinyatakan valid untuk digunakan dengan nilai indeks V trainer sebesar 0,95 dan jobsheet 0,92. Untuk kepraktisan trainer dan jobsheet dinyatakan sangat praktis dengan presentase sebesar 95,85%. Sedangkan untuk keefektifan trainer dan jobsheet, hasil belajar siswa ranah kognitif mendapat rata-rata gain score 0,63, pada ranah psikomotor mendapat nilai rata-rata 84,1. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan trainer dan jobsheet yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata kunci: Trainer pengasutan dan pengereman motor listrik AC 3 fasa, non PLC.

Published
2018-07-30
How to Cite
TRIMARWAN PUTRA, B., & RIJANTO, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER DAN JOBSHEET PENGASUTAN DAN PENGEREMAN MOTOR LISTRIK AC 3 FASA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 118