PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • RUDIANTO ISWORO
  • TRI RIJANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembagkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk mata pelajaran teknik elektronika dasar pada kelas X TEI di SMK Negeri 2 Bojonegoro, serta mengetahui kualitas produk perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dilihat dari: Kevalidan, dan hasil belajar.

Desain penelitian menggunakan research and development (R&D). Data yang dikumpulkan adalah data validasi silabus, RPP, dan modul. hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari ketiga aspek yang divalidasi, yaitu aspek materi & bahasa, Tampilan & Penggunaan, serta Bahasa didapatkan rata – rata validasi dari seluruh aspek sebesar 92,2%. Dari rata- rata tersebut maka perangkat pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dinyatakan dengan kategori sangat valid, (2) Penilaian ketuntasan hasil belajar siswa dilakukan dengan melakukan observasi selama proses pembelajaran berlangsung dan didapatkan nilai rata – rata lebih besar dari nilai KKM yaitu dengan rata – rata 80,87, dan kelulusan klasikal lebih dari 80% yaitu dengan persentase 81,25%. Maka dari hasil tersebut dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, make a match, validasi, dan hasil belajar siswa.

Abstract


This study aims to develop cooperative learning type of make a match for basic electronics engineering in class X TEI in SMK Negeri 2 Bojonegoro, and to know the quality of instructional device product that has been produced so that it is feasible to be seen from: Kevalidan, and learning result.

Research design using research and development (R & D). The data collected are data validation of syllabus, RPP, and module. result of learning of student after using cooperative learning type make a match.

The results showed that: (1) of the three validated aspects, ie material & language aspects, Display & Use, and Language obtained average validation of all aspects of 92.2%. From the aforementioned average, the cooperative learning type of make a match can be expressed in very valid category, (2) Assessment mastery of student learning outcomes conducted by observation during the learning process took place and obtained an average value greater than the KKM value that is with an average of 80.87, and classical graduation more than 80% that is with percentage 81,25%. So from the results can be said successful to improve student learning outcomes.

Keywords: learning devices, make a match, validity, and student learning outcomes.

Published
2018-07-31
How to Cite
ISWORO, R., & RIJANTO, T. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 37