PENGEMBANGAN GAME EDUCATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADVENTURE 3D GAME PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 LABANG BANGKALAN

  • FIRMAN PUJA ADHYAKSA
  • AGUS BUDI SANTOSO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMKN 1 Labang Bangkalan bahwa guru masih kesulitan dalam merealisasikan kurikulum K-13 revisi, dikarenakan kurangnya sumber atau media belajar yang dapat menarik minat siswa, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan menggunakan game education sebagai media pembelajaran berbasis adventure 3D game diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TEI di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan game education sebagai media pembelajaran berbasis adventure 3D game pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 88%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th = 19,529 > ttabel = 1,73 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 93%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa game education sebagai media pembelajaran berbasis adventure 3D game layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran elektronika dasar.

Kata Kunci: media, game education, adventure 3D game.

Abstract

This research is based on observation in SMKN 1 Labang Bangkalan that the teacher still difficulties in realizing K-13 revision curriculum, due to lack of source or learning media that can attract student interest, so that the less active students are involved in the learning process. This resulted in student learning outcomes are not maximal. Many students get learning outcomes under Minimum Passing Criteria (KKM). By using educational games as a 3D game based adventure learning game is expected to provide solutions to teachers to improve student learning outcomes. This study aims to produce a decent learning media. Eligibility in this case refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality.

This research is a type of development research consisting of 7 steps: (1) potential and problem; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trial; (7) analysis and reporting. The subject of this research is the students of class X TEI in SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. In this research, the trial design used is one-shot case study.

The results showed that the level of eligibility of game education as learning media based on adventure 3D game on the aspect of validity is very feasible with the result of the rating of 88%. Aspects of effectiveness in terms of student learning outcomes. From the final student learning result obtained th = 19,529> ttabel = 1,73 with level of signifikansi 0,05, so it can be concluded that mean of final learning result of student bigger or equal to KKM. And the practical aspect in terms of student responses is very practical with a rating of 93%.

Based on the results of the study is known that the game education as a media-based learning 3D game adventure worthy of use as one of the supporting media of student learning in the learning process on basic electronics subjects.

Keywords: media, game education, 3D game adventure.


Published
2018-08-29
How to Cite
PUJA ADHYAKSA, F., & BUDI SANTOSO, A. (2018). PENGEMBANGAN GAME EDUCATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADVENTURE 3D GAME PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 LABANG BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 30