PENGEMBANGAN TRAINER ROBOT LENGAN 6 DOF BERBASIS CM-530 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • M MAULANA HUSAIN
  • PUPUT WANARTI RUSIMAMTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Trainer Robot Lengan 6 dof (degree of freedom) Berbasis CM-530 yang meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan di SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Pengembangan trainer dan jobsheet ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba trainer dan jobsheet dilakukan pada peserta didik Kelas XII TEI SMK Negeri 2 Bojonegoro sebanyak 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi trainer dan jobsheet, angket kepraktisan trainer dan jobsheet, dan lembar penilaian peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan hasil presentase trainer sebesar 92,73% dan jobsheet sebesar 91,15%. Untuk keefektifan trainer dan jobsheet dapat dikatakan efektif, hasil belajar siswa ranah kognitif mendapat nilai rerata 80,71. Pada ranah psikomotor mendapat nilai rerata 81,60, Serta nilai akhir belajar dengan rerata 80,98 dengan nilai thitung sebesar 4,403 dengan df adalah 30 dan memperoleh signifikansi 0,000. Sedangkan untuk kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan presentase respon siswa sebesar 90,82%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan trainer dan jobsheet yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata kunci : Trainer robot lengan 6 dof berbasis CM-530, Trainer, Robot Lengan, CM-530.

Published
2018-08-31
Section
Articles
Abstract View: 57
PDF Download: 63