PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM ORIENTATION, OBSERVATION, ELABORATION, EXPLANATION, AND WRITE REPORT (PO2E2W) DITUNJANG DENGAN VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN AUTOCAD UNTUK MENGGAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • BUNGA LESTARI
  • ISMET BASUKI

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan hal yang penting dalam keterlaksanaan proses penyampaian materi ajar oleh guru kepada siswa SMK Negeri 3 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran problem orientation, observation, elaboration, explanation and write report (PO2E2W) ditunjang dengan video tutorial penggunaan AutoCAD untuk menggambar teknik listrik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (1) silabus GTL; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) GTL; (3) lembar kerja siswa (LKS) GTL; (4) lembar penilaian (LP) GTL; dan (5) video tutorial GTL.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE dimana tahap-tahapnya telah disesuaikan dengan keadaan lapangan. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi: (1) analysis; (2) design; (3) validasi dan revisi; (4) development; dan (5) evaluation. Lebih lanjut desain penelitian yang digunakan yaitu one shot case study.

Hasil kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan meliputi: (1) silabus GTL sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak digunakan; (2) RPP GTL menggambar rangkaian kontrol listrik sebesar 3,6 dengan kriteria sangat layak digunakan; (3) RPP GTL menggambar rangkaian elektronika sebesar 3,6 dengan kriteria sangat layak digunakan; (4) LKS GTL menggambar rangkaian kontrol listrik sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak digunakan; (5) LKS GTL menggambar rangkaian elektronika sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak digunakan; (6) LP sikap GTL sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak digunakan; (7) LP pengetahuan GTL sebesar 3,6 dengan kriteria sangat layak digunakan; (8) LP keterampilan GTL sebesar 3,6 dengan kriteria sangat layak digunakan; (9) LP keterampilan pemecahan masalah GTL sebesar 3,5 dengan kriteria sangat layak digunakan; dan (10) video tutorial GTL sebesar 3,4 dengan kriteria sangat layak digunakan. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran PO2E2W ditunjang dengan video tutorial penggunaan AutoCAD untuk menggambar teknik listrik sangat layak digunakan dalam penelitian. Hasil kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kepraktisan dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran PO2E2W ditunjang dengan video tutorial penggunaan AutoCAD untuk menggambar teknik listrik mendapatkan kriteria baik. Sedangkan hasil kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek keefektifan meliputi: (1) hasil belajar ranah sikap GTL sebesar 87,5 sehingga nilai di atas KKM dengan kriteria baik; (2) hasil belajar ranah pengetahuan GTL dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,0000 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah pengetahuan GTL di atas KKM dengan kriteria tuntas; (3) hasil belajar ranah keterampilan GTL sebesar 81,0 sehingga nilai di atas KKM dengan kriteria tuntas; (4) hasil belajar keterampilan pemecahan masalah GTL dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,0000 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan pemecahan masalah GTL di atas KKM dengan kriteria tuntas; dan (5) respon siswa terhadap model pembelajaran PO2E2W ditunjang dengan video tutorial penggunaan AutoCAD untuk menggambar teknik listrik mendapatkan respon yang positif.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, PO2E2W, video tutorial, hasil belajar, GTL.
Published
2018-09-20
How to Cite
LESTARI, B., & BASUKI, I. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM ORIENTATION, OBSERVATION, ELABORATION, EXPLANATION, AND WRITE REPORT (PO2E2W) DITUNJANG DENGAN VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN AUTOCAD UNTUK MENGGAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 34