PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE CAPTIVATE PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • DECKY TRIO SETYAWAN
  • EUIS ISMAYATI

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alat, metode, ataupun teknik yang digunakan oleh guru yang berfungsi sebagai perantara atau sarana komunikasi antara guru dengan peserta didik untuk lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dengan peserta didik di dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Media interaktif merupakan sistem penyampaian materi yang disajikan dengan menggunakan komputer yang terdapat alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh penggunanya. Dengan kata lain media interaktif dilengkapi dengan tombol-tombol yang dapat mengakses perintah yang sesuai. Adobe Captivate adalah aplikasi atau software E-Learning untuk Microsoft Windows dan Mac OS X dari Apple yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate yang layak pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dengan kriteria (1) valid, (2) praktis (3) efektif.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Tahapan-tahapan dari model ADDIE yaitu: 1) Analysis (analisis), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), 5) Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Surabaya di kelas X TITL 1 dan X TITL 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 89,17% yang berarti sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran mencapai 89,12% yang berarti sangat praktis. Sedangkan keefektifan media pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate ini layak digunakan.

Kata Kunci: Media pembelajaran, interaktif, Adobe Captivate, ADDIE

Abstract

Learning media is a tool, method, or technique used by teachers that serves as an intermediary or means of communication between teachers and students to further streamline communication and interaction between teachers and students in the process of education and teaching in schools. Interactive media is a material delivery system that is presented using a computer that has a controller that can be operated by users. In other words, interactive media is equipped with buttons that can access the appropriate commands.Adobe Captivate is an application or E-Learning software for Microsoft Windows and Mac OS X from Apple that can be used to develop interactive learning media. The purpose of this study is to produce an appropriate Interactive Learning media based on Adobe Captivate on Electrical and Electronic Basic Lesson with criteria (1) valid, (2) practical, (3) effective.

The type of research used in this research is development research. The development model used in this research is the ADDIE model. The stages of the ADDIE model are: 1) Analysis,2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. This research was conducted at SMK Negeri 7 Surabaya in class X TITL 1 and X TITL 2.

The results showed that the validity of learning media reached 89.17% which means it is very valid. The practicality of learning media reaches 89.12% which means it is very practical. While the effectiveness of instructional media shows a significant increase in student learning outcomes using interactive learning media based on Adobe Captivate. So that it can be concluded that interactive learning media base on Adobe Captivate is feasible to use.

Keywords: Interactive Media, interactive, Adobe Captivate, ADDIE

Published
2018-11-19
How to Cite
TRIO SETYAWAN, D., & ISMAYATI, E. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE CAPTIVATE PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 176