PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS 3D FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%25pAbstract
Imam Rosyadi
S1 Pendidikan Teknik Elektro, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Email: imamrosyadi046@gmail.com
Agus Budi Santosa
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Email: agusbudi@unesa.ac.id
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMKN 2 Surabaya bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik lebih termotivasi dan antusias apabila dalam pembelajaran digunakan media pembelajaran daripada sistem pembelajaran yang monoton atau teacher center. Dengan menggunakan e-book sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 2 Surabaya. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan e-book interaktif pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 79%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th 22,653 > ttabel 1,70 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 89%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa e-book interaktif ini layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi SMKN 2 Surabaya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-book interaktif, validitas, efektifitas, kepraktisan.
Abstract
This research is motivated by the observation results at Surabaya 2 Vocational High School that in the learning process students are more motivated and enthusiastic when learning media is used rather than a monotonous learning system or teacher center. By using e-books as learning media it is expected to provide solutions for teachers to improve student learning outcomes. This study aims to produce appropriate learning media. Feasibility in this case refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality.
This research is a type of development research consisting of 7 steps: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revision; (6) product trials; (7) analysis and reporting. The subjects of this study were students of class XI TAV 1 SMK Negeri 2 Surabaya. In this study the trial design used was a one-shot case study.
The results showed that the feasibility level of interactive e-books on aspects of validity was stated to be very feasible with a rating of 79%. Aspect of effectiveness which is viewed from student learning outcomes. From the test results of the final student learning results obtained 22.653> t table 1.70 with a significance level of 0.05, so that it can be concluded that the average final student learning outcomes are greater or equal to the KKM. And practicality aspects which are viewed from student responses are stated to be very practical with a rating of 89%.
Based on the results of these studies it is known that this interactive e-book is suitable to be used as one of the media to support student learning in the learning process in the Engineering Television and Radio System subject of SMK Negeri 2 Surabaya.
Keywords: Learning Media, interactive e-book, validity, effectiveness, practicality.