PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 5 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%25pAbstract
ABSTRAK
Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa, dengan atau tanpa bantuan guru. Karena itu, modul perlu dikembangkan agar dapat berfungsi secara optimal sebagai panduan belajar bagi para siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran praktik instalasi penerangan listrik. Modul yang dikembangkan berpusat pada KD (1) 3.1; (2) 3.2; (3) 3.3; (4); 4.1; (5) 4.2; dan (6) 4.3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D). Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; dan (8) analisis dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Design. Berdasarkan aspek validitas, hasil pengembangan modul pembelajaran praktik instalasi penerangan listrik adalah sebagai berikut: (1) modul pembelajaran 1 memperoleh skor sebesar 85,86% dan dikategorikan valid; (2) modul pembelajaran 2 memperoleh skor sebesar 87,75% dan dikategorikan valid; dan (3) modul pembelajaran 3 memperoleh skor sebesar 86,31% dan dikategorikan sangat valid. Aktivitas belajar bagi siswa yang mengunakan modul pembelajaran praktik instalasi listrik penerangan, lebih tinggi secara signifikan dibanding siswa yang belajar dengan menggunakan LKS. Hasil belajar (ranah kognitif, afektif dan psikomotor) bagi siswa yang belajar dengan menggunakan modul instalasi listrik penerangan, lebih tinggi secara sangat signifikan dibanding siswa yang belajar dengan menggunakan LKS dengan nilai signifikansi sebesar 0,001.
Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor
ABSTRACT
Modules are one of the teaching materials that can be used by students, with or without the help of the teacher. Therefore, the module needs to be developed so that it can function optimally as a learning guide for students. The purpose of this study is to develop a practical learning module for electric lighting installations. The module developed is centered on KD (1) 3.1; (2) 3.2; (3) 3.3; (4); 4.1; (5) 4.2; and (6) 4.3. The method used in this study is the Research & Development (R & D) method. The stages in this study include: (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trials; (7) product revisions; and (8) analysis and reporting. The research design used was Pretest Posttest Control Design. Based on the aspect of validity, the results of the development of the electrical lighting installation practice learning module are as follows: (1) learning module 1 obtains a score of 85.86% and is categorized as valid; (2) learning module 2 obtains a score of 87.75% and is categorized as valid; and (3) learning module 3 obtains a score of 86.31% and is categorized as very valid. Learning activities for students who use lighting electrical installation practice learning modules are significantly higher than students who learn by using Student Worksheets. Learning outcomes (cognitive, affective and psychomotor domains) for students who study using lighting electrical installation modules are significantly higher than students who learn by using Student Worksheets with a significance value of 0.001.
Keywords: student activities, cognitive, affective and psychomotor domains of learning outcomesDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

