PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

  • MOHAMAD ROKIB AL KHARIRI
  • EUIS ISMAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan. Kelayakan mengacu pada tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penunjang dalam proses pembelajaran mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya, khususnya kelas Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2018 pada materi Gelombang Elektromagnetik.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Brog and Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahap yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan awal produk, (4) pengujian awal, (5) revisi produk utama, (6) uji produk luas, (7) analisis dan laporan. Penelitian ini menggunakaan satu kelas yaitu kelas PTE 2018 sebagai kelas eksperimen (One Group Pretest-Posttest Only Design). Instrumen penilaian validitas menggunakan penilaian dari 3 validator sesuai bidang keahlian masing-masing.

Hasil penelitian pada aspek kevalidan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 84,58%, aspek kepraktisan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio ditinjau dari respon mahasiswa dan pengamatan aktivitas mahasiswa dinyatakan baik dengan hasil rating masing-masing 89,58 % dan 96,47%, Sedangkan aspek keefektifan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio ditinjau dari pengamatan aktivitas pembelajaran dinyatakan baik dengan hasil rating 98,4%, dan hasil belajar mahasiswa didapatkan rata-rata hasil pretest yaitu 26,53, sedangkan rata-rata hasil posttest yaitu 85,51. Dan untuk uji-t hasil signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat pebedaan rata-rata pada hasil pretest dan posttest. Untuk nilai Gain rata-rata pada kelas PTE 2018 adalah sebesar 0,8 yang artinya peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas PTE 2018 tergolong tinggi ketika diberikan media pembeljaran Autoplay Media Studio.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Autoplay Media Studio, Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan.




Published
2019-01-24
How to Cite
ROKIB AL KHARIRI, M., & ISMAYATI, E. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 56