PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDAN MAGNET DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • FARHANA SAFITRI DEWI
  • EUIS ISMAYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%25p

Abstract

Media pembelajaran adalah bahan pengajaran adalah seperangkat materi keilmuan yang terdiri atas fakta, konsep, prinsip, generalisasi suatu ilmu pengetahuan yang bersumber dari kurikulum dan dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Media dalam proses belajar mengajar sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran medan magnet yang layak pada Mata Kuliah Fisika Teknik dengan kriteria (1) valid, (2) praktis (3) efektif.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model R&D. Tahapan-tahapan dari model R&D yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Ujicoba Produk, 5) Revisi Produk 6) Validasi Desain 7) Analisis dan Pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 84,4% yang berarti sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari respon mahasiswa yang mencapai 85,9% sedangkan respon dosen mencapai 88,5% yang berarti sangat praktis. Sedangkan keefektifan media pembelajaran mencapai 92% sehingga media pembelajaran dikatakan layak digunakan pada pembelajaran di kelas. Karena media pembelajaran sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Media pembelajaran, medan magnet, CAI

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-24

How to Cite

SAFITRI DEWI, F., & ISMAYATI, E. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDAN MAGNET DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 143