PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • NUR AENI MAYASARI
  • EUIS ISMAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran digital book yang valid, (2) mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran digital book,dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran digital book.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Surabaya kelas XI TAV yang berjumlah 54 siswa (2 kelas). Pada penelitian ini menggunakan 7 dari tahap yang dijelaskan oleh Sugiyono (2015:298), yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisa dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah True-Experimental dengan bentuk Control Group Pre-Test Post-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran digital book termasuk kategori sangat valid dengan rerata hasil rating sebesar 96,45%; (2) media pembelajaran digital book direspon sangat baik oleh siswa dengan rerata hasil rating sebesar 91,08%; (3) rata-rata peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran digital book adalah 49,03, sedangkan sebelum menggunakan media pembelajaran rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 38,51. Sehingga media pembelajaran ini dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: media, digital book, R&D, Pre-Test Post-Test, valid, respon, hasil belajar.

Abstract

The aim of this study are: (1) produce a valid digital book learning media, (2) knowing the student response to digital book learning media that had developed, (3) knowing the study result from student after using the digital book learning media.

The development of this digital book learning media use research and development (R&D) development model. The reasearch subject in this study were 54 students (2 classroom) class XI TAV of SMK Negeri 3 Surabaya. There are 7 steps that was used in this study base on Sugiyono (2015:298), there are (1) potention and problem; (2) data collect; (3) produce design; (4) design validation; (5) design revision, (6) product trial, (7) analysis and reporting. The research design used was True-Experimental (Control Group Pre-Test Post-Test).

The result of the study show that: (1) digital book learning media is classified on very valid categories with average rating 96,45%; (2) digital book learning media get a very good response from the students with average rating 91,08%; (3) the average increase of students learning outcome after use this learning media is 49,03 and before use this learning media is 38,51. So this learning media is declared effective to be used in the learning process.

Keyword: media, digital book, R&D, Pre-Test Post-Test, valid, response, result of learning.


Published
2019-03-19
How to Cite
AENI MAYASARI, N., & ISMAYATI, E. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 124