PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • LIANA DWI YUNIAWATI
  • MUHAMAD SYARIFFUDDIEN ZUHRIE

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran menggunakan sofware Adobe Flash Player yang valid dan (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan sofware Adobe Flash Player (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran sofware Adobe Flash Player.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Surabaya kelas XI TAV yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari tahap yang dijelaskan oleh Sugiyono (2014:297), yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study Posstest menggunakan satu kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media pembelajaran menggunakan sofware Adobe Flash Player termasuk kategori “sangat valid” dengan rata-rata hasil rating sebesar 82%; (2) media pembelajaran menggunakan sofware Adobe Flash Player direspon sangat baik oleh siswa dengan rata-rata hasil rating sebesar 84%; (3) rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran sofware Adobe Flash Player adalah 85, dan dapat dijelaskan sebagai berikut : dengan rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar dari KKM, sehingga media pembelajaran ini dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : media, Adobe Flash Player, R&D, valid, respon, hasil belajar


ABSTRACT

The aim of this study are: (1) produce a valid learning media using Adobe Flash Player sofware. (2) knowing the student response to learning media that had developed, (3) knowing the study result from student after using the learning media Adobe Flash Player sofware.

The development of this interactive multimedia learning media use research and development (R & D) development model. The research subject in this study were 32 students class XI TAV of SMK Negeri 3 Surabaya. There are 7 steps that was used in this study base on Sugiyono (2014:297), there are (1) potension and problem; (2) data collect ; (3) produce design; (4) design validation; (5) design revision; (6) product trial; (7) analysis and reporting. The research design used was one shot posttest case study using one class.

The result of the study show that : (1) learning media with Adobe Flash Player software is classified on “very valid” categories with average rating 82%; (2) learning media with Adobe Flash Player software get a very good response from the students with average rating 84%; (3) the average of student learning outcome after use this learning media base on Adobe Flash Player software is 85%, and can be explained as: with the average student final learning outcome greater than KKM, so this learning media is declared effective to be used in the learning process.

Key word: media, Adobe Flash Player softwar, R&D, valid, response, learning outcomes








Published
2019-03-20
How to Cite
DWI YUNIAWATI, L., & SYARIFFUDDIEN ZUHRIE, M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v8n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 747