PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS PLATFORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KERJA BENGKEL DAN GAMBAR TEKNIK X TEI DI SMK NEGERI 1 BLITAR

  • NELY EKA ANJARSARI
  • MUHAMAD SYARIFFUDDIEN ZUHRIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Blitar yang menunjukan permasalahan kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang mampu menunjang proses pembelajaran secara mandiri. Oleh karena itu peneliti mengembangkan game edukasi berbasis platform sebagai media pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate) dengan prosedur penelitian 5 tahap meliputi: (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi, (5) dan Tahap Evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TEI 1 SMK Negeri 1 Blitar dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Uji coba produk dimplementasikan menggunakan desain eksperimen One Shot Case Study.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran game edukasi pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 87,7%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa yang diukur menggunakan posttest menghasilkan nilai thitung = 7,817 > ttabel = 2,030 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 85,9%.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan yaitu game edukasi berbasis platform mata pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Ditinjau dari aspek kevalidan, kefektifan, dan kepraktisan.

Kata Kunci : Game Edukasi, Platform, ADDIE, Kevalidan, Keefektifan, Kepraktisan.

Published
2019-04-02
Section
Articles
Abstract View: 40
PDF Download: 32