PENGEMBANGAN TRAINER FILTER ANALOG PASIF DAN AKTIF BERBASIS PENGUAT OPERASIONAL PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • NASTITI SUSETYO FANANY PUTRI
  • AGUS BUDI SANTOSO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Trainer Filter Analog pasif dan aktif yang berbasis penguat operasional pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D), dengan menerapkan desain uji coba One-Shot Case Study pada uji penerapan produk. Penelitian mengambil tempat di SMK Negeri 3 Jombang dengan subjek penelitian siswa kelas XI TAV dengan jumlah 31 siswa dari 33 siswa. Produk yang dikembangkan adalah Trainer Filter Analog pasif dan aktif berbasis penguat operasional dan lembar kerja siswa (Jobsheet). Instrument penelitian yang diguanakan adalah lembar validasi Trainer Filter Analog, lembar validasi jobsheet, soal evaluasi pengetahuan, lembar observasi kompetensi keterampilan peserta didik, serta angket respon peserta didik. Analisis kompetensi siswa menggunakan analisis deskriptif untuk mengungkapkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat kevalidan Trainer Filter Analog pasif dan aktif berbasis penguat operasional sebesar 88,88%, tingkat kevalidan jobsheet 90%. (2)Trainer beserta jobsheet dapat dikatakan efektif, merujuk pada rata – rata hasil belajar siswa sebesar 86.81. (3) Kepraktisan dari nilai respon siswa mendapatkan poin sebesar 84.08%. melihat dari hasil – hasil yang dikemukakan tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan Trainer Filter Analog pasif dan aktif berdasarkan penguat operasional yang layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penenrapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 3 Jombang.

Kata Kunci: Trainer filter analog, jobsheet, respon peserta didik, hasil belajar.

Abstract

The aim of this study is to produce an analog filter passive and active base on operational amplifier trainer as learning media on electrical circuit subject on class XI with criteria: valid seen from the result of validation, practice in terms of student response result, and effectively assessed from student learning outcomes. Research and development design (R&D) was used in this study, by applying one shot case study design test on the trial of implementation product. The study took place in SMK Negeri 3 Jombang with 31 students from 33 students of class XI TAV as research subjects. Product that was develop is an analog filter passive and active base on operational amplifier trainer and jobsheet. The research instrument that was use are trainer analog filter validation sheet, jobsheet validation sheet, item test validation sheet, cognitive evaluation test sheet, psychomotor evaluation sheet and student response questionnaire. Student competency analysis uses descriptive analysis to express students knowledge and skill competencies. The study result indicate (1) the level of validity analog filter passive and active base on operational amplifier trainer is 88.88%, job sheet validity is 90%. (2) Trainer and job sheet can be said effectively referring to the outcomes from student learning 86,81 for the average. (3) While for the practicality from the student response value get 84.08% point. Referring from the result stated above it can be concluded that the study produce active passive analog filter trainer base on operational amplifier that are feasible to use as learning media for electronic circuits application subject in SMK Negeri 3 Jombang

Keywords: Analog filter trainer, jobsheet, student response, learning result.



Published
2019-04-23
Section
Articles
Abstract View: 88
PDF Download: 85