PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMKN 3 JOMBANG

  • Wawan Setia Budi Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • . Euis Ismayati Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan penulis pada kelas XI Teknik Audio Video SMKN 3 Jombang pada kompetensi dasar memperbaiki radio penerima, masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar nilai kelulusan. Metode Group investigation dan Student Team Achievment Division diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam standar kompetensi memperbaiki radio penerima.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja di timbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Group Investigation dan metode Student Team Achievement division pada standar kompetensi memperbaiki radio penerima di SMK Negeri 3 Jombang. Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah Control Group Posttest Design.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil belajar siswa didapatkan rerata sebesar 80,01 untuk siswa yang belajar menggunakan metode Group Investigation dan 74,16 untuk siswa yang belajar menggunakan metode Student Team Achievement Division. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Group Investigation lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode Student Team Achievement Division, (2) Dari pengamatan cara belajar siswa didapatkan nilai ratting sebesar 82,65 untuk metode Group Investigation dan 80,05 untuk metode Student team Achievement Division maka disimpulkan penerapan metode dinilai sangat baik sesuai dengan syntax yang ada, (3) Pada pengujian hipotesis terdapat interaksi signifikan antara metode Group Investigation dan metode Student team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa. Ini bisa dibuktikan pada taraf signifkan yaitu 5% dengan cara membandingkan t test dan t table. Ini dapat ditunjukkan t test sebesar 4,5 dan nilai t table 1,67 dengan derajat kebebasan 71.

Kata kunci : Metode Pembelajaran, Group Investigation,Student Team Achievement Divsion, Hasil Belajar.

Abstract

Based on the results of the author's observations on the class XI Engineering Audio Video SMK N 3 Jombang on competency grounds improving radio receiver, there are still many students get value under the standard graduation rate. Method Group Investigation and Student team Achievement Division is expected to be able to improve student learning outcomes in the standard of competence improving radio receiver.

This type of research is a research experiment, which is a way to find a causal connection between the two factors that made it a point in the impact by researchers to eliminate or reduce or eliminate the other factors. This research aims to find out the results of the learning of students who use method Group Investigation and Student Team Achievment Division on the standards of competence to fix radio receiver in SMK Negeri 3 Jombang. In this research study design used is Control Group Posttest Design.

Of research results obtained, shows that: (1) of the student learning outcomes for mean in each metode is 80,01 for group Investigation and 74,16 for Student Team Achievement Division. Then it can be inferred that there is a difference in student learning outcomes that use metode Group Investigation and Student Team Achievement Division (2) From the observation in learning student do get a scale on 82,65 in Group Investigation and 80,05 in Student team Achievement Division its mean they are in a good quality do as like as the syntax (3) In hypothesis testing, there is significant interactions betwen Group Investigation and Student Team Achievment division about the student study result . Its can be prove on signification scale 5% with equal why do on t test and t table.Its can be showed by t test 4,5 and value of t table is 1,67 with degree of fredom is 71.

Keywords: Learning Model, Group Investigation, Student Team Achievement Division, Learning Outcomes.

Author Biographies

Wawan Setia Budi, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
. Euis Ismayati, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Budi, W., & Ismayati, . (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMKN 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 18