PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN KOOPERATIF TIPE NHT DI SMKN 3 JOMBANG

  • Ainur Dwi Rahmawan Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • J. A. Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Jombang.  Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa,  (2) perbandingan hasil belajar siswa menggunakan Model  Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan NHT pada standar kompetensi Menerapkan dasar-dasar Kelistrikan. (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap Model  Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan NHT.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Untuk rancangan penelitian ini menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Prosedur penelitian ini meliputi persiapan dan perencanaan penelitian, tahap pelaksanaan dan penyajian hasil penelitian.

Dari hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu (1) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe TGT dan NHT keduanya terdapat peningkatan yang signifikan. Ini karena adanya peningkatan rata-rata pada masing-masing kelas yatu pada kelas TGT peningkatan sebesar 41,62 dan pada kelas NHT peningkatannya sebesar 40,95. (2) diperoleh nilai  rata-rata kelas eksperimen sebesar 82, dan pada kelas kontrol sebesar 78,5. sehingga didapapkan nilai uji-t hitung sebesar 1,56. Sedangkan nilai ttabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 40 dan taraf  signifikan 5%. Nilai ttabel adalah 2,021. Maka nilai thitung berada pada -ttabel<thitung< ttabel sehingga hipotesis H0 diterima bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT pada standart kompetensi menerapkan dasar-dasar kelistrikan masing-masing sebesar 85,81% pada kelas TGT, dan 85,9% pada kelas NHT. Maka  kedua model pembelajaran ini memiliki kategori baik.

Kata kunci  : Kooperatif, TGT, NHT, hasil belajar

 

 

Abstract

The research was conducted at SMK Negeri 3 Jombang. The purpose of this study is (1) determine student learning outcomes, (2) comparison of student learning outcomes using Cooperative Learning Model type TGT and NHT on competency standards Applying Electrical basics and (3) to determine students' responses to the Cooperative Learning Model type TGT and NHT..

Type of research is a Quasi-Experimental Design. For the design of this study using the form Nonequivalent Control Group Design. Procedure of the study include the preparation and planning of research, implementation stage and presenting research results.

From the results of this study provide results that (1) the results of student learning using learning model type TGT and NHT are both significant improvement. This is due to an increase in the average in each class is the class TGT increase of 41.62 and in the increase of 40.95 NHT class. (2) obtained an average value of 82 experimental class and the control class was 78.5. so didapapkan t-test value of 1.56. while the value of ttabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) with degrees of freedom(dk) = n1 + n2 – 2 = 40 and significant level 5%. T table is 2.021. Then the value of t is in -ttable < t < ttable so that the hypothesis H0 is accepted that there is no significant difference between the average outcomes of student learning using cooperative learning type TGT with average learning outcomes of students who use cooperative learning type NHTand (3) The response of students towards cooperative learning model TGT and NHT on competency standard to apply the basics of electricity amounted to 85.81% in the TGT grade, and 85.9% in class NHT. Then both the learning model has a good category.

Keywords: Cooperative, TGT, NHT, learning outcomes.

Author Biographies

Ainur Dwi Rahmawan, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
J. A. Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Rahmawan, A., & Pramukantoro, J. (2013). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN KOOPERATIF TIPE NHT DI SMKN 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 25