PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL

  • Ana Puspitasari . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran e-Book interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media e-Book interaktif yang telah dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan four-D models (define, design, develop, disseminate). e-Book interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 3 dosen bidang studi Teknik Elektronika dan 1 editor bahasa sebagai validator media lalu diuji cobakan terbatas pada 20 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (ELKOM). e-Book interaktif memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian ≥ 61% dan memperoleh respon positif mahasiswa ≥ 61%.

Hasil penelitian pengembangan e-Book interaktif pada mata kuliah Elektronika Digital di jurusan Teknik Elektro Unesa dengan materi sebelum UTS memenuhi syarat valid, dengan diperoleh kategori valid sebesar 73,33% pada kriteria isi, diperoleh kategori valid sebesar 62,86% pada kriteria tampilan, dan diperoleh kategori valid sebesar 73,33% pada kriteria bahasa. Dari hasil ujicoba terbatas terhadap 20 mahasiswa jurusan Teknik Elektro (ELKOM) diperoleh respon positif sebesar 93,19%. Respon positif mahasiswa tersebut menunjukkan bahwa e-Book interaktif yang dikembagkan telah memenuhi syarat valid dalam semua kriteria.

 

Kata kunci : Pengembangan e-Book interaktif, Elektronika Digital.

 

Abstract

The aims of this research are to produce valid interactive e-Book learning media in terms of the criteria of content, performance, and language; also to find out students response to interactive e-Book has been develop.

This research was used four-D models (define, design, develop, disseminate) method of development. Interactive e-Book which was  developed validated by 3 lecturers of Electronics Engineering subject areas and a language editor as media validators then limited tried out in 20 students of Electrical Engineering Department (ELKOM). Interactive e-Book has been up to standard of valid if the average of percentage score in each criterion get ≥ 61% and the positive response of the students get ≥ 61%.

The result development research of interactive e-Book in Digital Electronic in Electrical engineering Department of Unesa with middle  up material before UTS has been up to standard of valid, with valid category the criteria of content with score 73,33% , valid category the criteria of performance with obtainable of score 62,86%, and valid category the criteria of language with score 73,33%. The limited tried out in 20 students of Electrical Engineering Department (ELKOM) obtained a positive response by 93,19%. The students positive response shows that the e-Book which is developed has been up to standard of valid in all criteria.

Keywords : Development of interactive e-Book, Digital Electronic.

Author Biographies

Ana Puspitasari ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
., A., & ., L. (2013). PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 186